Farah.ID
Farah.ID

PDIP: Jika Mega, Prabowo, Dan Airlangga Bersatu Pasti Lahir Koalisi Besar

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 18 Juni 2021, 13:47 WIB
PDIP: Jika Mega, Prabowo, Dan Airlangga Bersatu Pasti Lahir Koalisi Besar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto/Net
Megawati Soekarnoputri memiliki daya tawar tertinggi di antara ketua umum partai politik seiring PDI Perjuangan yang dipimpinnya menjadi satu-satunya partai pemegang tiket emas menuju Pilpres 2024.

Begitu dikatakan Ketua DPD PDIP Sumatera Barat Alex Indra Lukman so rilis LSI Denny JA terkait ada tiga tokoh yang akan menjadi king/queen maker dalam Pilpres 2024 mendatang.

Tiga king/queen maker itu adalah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Cukup matematika pemenuhan persyaratan UU terkait Pilpres. PDI Perjuangan memiliki golden ticket, bisa mengusung sendiri," ujar Alex kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (18/6).

Kondisi itu, kata Alex, berbeda dengan Airlangga dan Prabowo di mana Partai Golkar ataupun Partai Gerindra masih perlu membangun koalisi untuk memenuhi syarat penganjuan pasangan calon presiden atau presidential threshold.

"Golkar kan masih butuh satu partai lain untuk bisa mencalonkan, demikian juga dengan Gerindra," katanya.

Meski begitu, Alex mengkalkulasi jika saja tiga nama king/queen maker itu bersatu, maka akan lahir satu koalisi besar yang luar bisa.

"Bila tiga ketua umum partai tersebut bersatu, maka pasti akan menarik partai lainnya dalam sebuah koalisi besar di 2024," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA