Farah.ID
Farah.ID

Kasus Covid-19 Terus Meroket, Politikus PKS: Pastikan Kapasitas RS Di Zona Merah Mencukupi

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 18 Juni 2021, 14:13 WIB
Kasus Covid-19 Terus Meroket, Politikus PKS: Pastikan Kapasitas RS Di Zona Merah Mencukupi
Politikus PKS, Netty Prasetiyani/Net
Pemerintah harus memastikan fasilitas kesehatan siap dalam merespons lonjakan kasus Covid-19 yang terus terjadi di berbagai daerah beberapa pekan ini.

Demikian ditegaskan anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani, dalam keterangannya yang diterima Redaksi, Jumat (18/6).   

"Siapkan kapasitas rumah sakit yang mencukupi, terutama di daerah zona merah," tegas Netty.

Tak hanya itu, politikus PKS ini juga meminta pemerintah turut menyiapkan rumah sakit di daerah yang bukan zona merah. Hal ini dilakukan untuk membantu menangani pasien yang terinfeksi Covid-19.

Termasuk menyiapkan ketersediaan petugas medis hingga tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) di setiap daerah harus terus dimonitor.

Netty juga mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan ketersediaan dokter, tenaga kesehatan dan petugas pendukung lainnya, seperti petugas pengurusan jenazah dan petugas pembuangan limbah medis.

"Kita tidak ingin menambah masalah ikutan akibat kurang antisipatif," pungkasnya.

Menurut data Satgas Covid-19 per 15 Juni 2021, zona merah di Indonesia sudah menjadi 29 kabupaten/kota, paling banyak di Pulau Sumatera yaitu 17 kabupaten/kota.

Jawa tengah menjadi provinsi dengan jumlah daerah zona merah paling banyak, yaitu Wonogiri, Kudus, Grobogan, Tegal, Sragen, Semarang, dan Jepara.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA