Farah.ID
Farah.ID

Cegah Penyebaran Varian Baru Covid, Fraksi PKS Dorong Pemerintah Terapkan Lockdown

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 18 Juni 2021, 14:20 WIB
Cegah Penyebaran Varian Baru Covid, Fraksi PKS Dorong Pemerintah Terapkan Lockdown
Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PKS, Netty Prasetiyani Aher/Net
Pemerintah diminta untuk menyiapkan skenario jitu dalam mengendalikan lonjakan kasus Covid-19 di tanah air yang meningkat drastis selama 10 hari belakangan.

Permintaan itu menyusul lonjakan kasus positif yang mencapai hingga 12 ribu lebih pada Kamis kemarin (17/6).

Sejumlah pakar kesehatan dan kalangan masyarakat meminta pemerintah memberlakukan kebijakan penguncian atau lockdown.

Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher, mendukung masukan tersebut, dan meminta pemerintah menimbang-nimbang penerapan lockdown.  

"Ancaman Covid-19 ini nyata dan makin masif. Varian baru telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Pemerintah perlu memikirkan kemungkinan memberlakukan lockdown total guna mengendalikan lonjakan kasus," ujar Netty dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (18/6).

Di samping itu, legislator PKS ini meminta pemerintah mengawasi lebih ketat penerapan protokol kesehatan di tempat umum, agar jangan sampai masyarakat mengalami pandemic fatigue (kelelahan akan pandemi).

"Masyarakat dapat mengalami kelelahan akan pandemi akibat ketidakpastian kapan berakhirnya, sehingga mulai tidak mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus Corona. Ini dapat menjadi situasi yang berbahaya," tuturnya.

Atas dasar itu, Netty berharap pemerintah tidak lengah dan lelah dalam memantau penegakan protokol kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Sosialisasi dan edukasi masif kepada masyarakat harus terus dilakukan," pungkasnya.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA