Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nama Leluhur Airlangga Hartarto Adalah Sastro Sunarto bin RM.Ng Mangoen Bisono

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 18 Juni 2021, 14:52 WIB
Nama Leluhur Airlangga Hartarto Adalah Sastro Sunarto bin RM.Ng Mangoen Bisono
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat berziarah di makam eyangnya di Komplek Pemakaman Astana Oetara, Surakarta/Net
rmol news logo Ziarah yang dilakukan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto di Komplek Pemakaman Astana Oetara, Surakarta, Jumat (18/6) ternyata menyimpan cerita menarik.

Ziarah itu sendiri dilakukan Airlangga saat berkunjung ke Surakarta dan akan menghadiri sejumlah acara di kota tersebut. Seperti menghadiri pertemuan dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja di Hotel Alila dan menjadi pembicara pada acara Webinar bersama Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret (UNS).

Astana Oetara yang dikunjungi Airlangga merupakan Komplek Pemakaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VI beserta keluarga, kerabat dan para abdi dalemnya.

Menariknya di balik ziarah ini terungkap sebuah fakta bahwa ternyata ketua umum Partai Golkar itu masih keturunan dari trah Mangkunegara.

Eyang dari Airlangga Hartarto, yang bernama R. Sastro Sunarto bin RM.Ng Mangoen Bisono dan istrinya RM. Ngt Soeparti Soenarto binti R.Ng Parto Waidjojo Hardjowoewito dimakamkan di komplek pemakaman bagian depan.

"Itu tadi, ayahnya bapak saya, jadi eyang kakung dan eyang Putri," ujar Airlangga singkat, sebelum meninggalkan komplek pemakaman.

Terpisah, Jurukunci Astana Oetara, RM. Haryanto membenarkan bahwa eyang Airlangga dimakamkan di komplek tersebut.

Haryanto mengurai bahwa pemakaman ini dikhususkan bagi mereka yang masih memiliki keterkaitan dengan Mangkunegara VI. Sementara eyang Airlangga, R. Sastro Sunarto adalah salah satu pejabat di Era Mangkunegara VI dan yang juga masih ada hubungan kerabat.

"Dulu eyangnya Pak Airlangga adalah Jaksanya Mangkunegara VI, dan juga ada keturunan trah dari Mangkunegara II," ujar Haryanto.

Tidak hanya eyang dari Airlangga yang dimakamkan di Astana Oetara, anggota lain seperti bulek dan budhenya juga dimakamkan di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA