Farah.ID
Farah.ID

Diiringi Upacara Kemiliteran, Rachmawati Ziarah Ke Makam Bung Karno Dan Tanda Tangani Prasasti

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 18 Juni 2021, 15:47 WIB
Diiringi Upacara Kemiliteran, Rachmawati Ziarah Ke Makam Bung Karno Dan Tanda Tangani Prasasti
Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri saat berziarah ke makam Proklamator Republik Indonesia, Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis (17/6).
Putri Proklamator Republik Indonesia, Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri berziarah ke makam ayahandanya di Kota Blitar, Jawa Timur pada Kamis (17/6).

Ziarah yang dilakukan pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno kali ini tampak berbeda dari biasanya. Sebab, Rachmawati melakukan ziarah ke Makam Bung Karno dengan upacara kemiliteran yang dipimpin oleh Kaposahli Pangdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bagus Budianto.

Mbak Rachma, sapaan akrabnya, juga tampak mengenakan baret biru Polisi Militer TNI AD (POM AD).

"Kebetulan, ini berkaitan dengan HUT POM AD tanggal 22 nanti jadi sekalian berziarah bareng ke sini," ujarnya kepada wartawan.

Rachmawati menjelaskan bahwa dirinya merupakan sosok yang menghargai jasa para pahlawan. Dia bahkan hampir setiap tahun selalu berziarah ke Blitar, tepatnya saat acara Haul Bung Karno pada 21 Juni.

"Saya sejak tahun 1970-an setiap tahun, setiap Haul, saya selalu ke sini. Tapi ini masih pandemi begini," urainya.

Dalam ziarah kali ini, Rachmawati turut menandatangani sebuah prasasti di makam Bung Karno. Prasasti itu bertuliskan “for a fighting nation there is no journey end”.

Usai berziarah, Rachmawati menyempatkan diri mengunjungi Perpustakaan Nasional Bung Karno yang terletak dalam satu kompleks dengan Makam Bung Karno.

Dalam kesempatan ini, Mbak Rachma juga menyempatkan diri memberikan replika 26 tanda penghargaan doktor (HC) yang diperoleh Bung Karno ke Museum Bung Karno.

ARTIKEL LAINNYA