Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagusnya Kejagung Koreksi Pernyataan JPU Yang Tantang Jutaan Pecinta Habib Rizieq Turun Ke Pengadilan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 18 Juni 2021, 22:04 WIB
Bagusnya Kejagung Koreksi Pernyataan JPU Yang Tantang Jutaan Pecinta Habib Rizieq Turun Ke Pengadilan
Analis sosial politik Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam/Net
rmol news logo Pernyataan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang perkara hasil Swab test Covid-19 RS Ummi Bogor, baiknya dikoreksi karena menyinggung jutaan pecinta Habib Rizieq Shihab.

Begitu analis sosial politik Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam memberikan masukan kepada Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pasalnya, Anam menilai pernyataan Jaksa bersifat menantang pengikut terdakwa perkara hasil Swab test Covid-19 RS Ummi Bogor yang merupakan eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI).

Dalam sidang awal pekan ini dengan agenda replik, JPU menyatakan bahwa "ternyata yang didengung-dengungkan sebagai seorang Imam Besar hanyalah isapan jempol belaka’.

Menanggapi pernyataan itu, sosok ulama yang kerap disapa HRS tersebut menilai JPU telah menantang umat Islam dan termasuk pengikutnya. Karena, label 'Imam Besar' yang melekat di depan namanya adalah bentuk kecintaan dari para pengikutnya.

Anam pun kahwatir, apa yang tersampaikan teresbut benar-benar mendorong pengikut HRS untuk datang ke persidangan. Maka, ia menyarankan agar Kejaksaan Agung meralat apa yang disampaikan JPU di dalam sidang waktu itu.

"Tentu pihak kepolisian sedang ketar-ketir untuk menghalau segala kemungkinan terburuk apabila ratusan juta pecinta HRS akan turun ke pengadilan,"ujar Anam saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (18/6).

"Tentu hal tersebut semoga tidak terjadi, dan semoga Kejagung (Kejaksaan Agung) segera mengkoreksi pernyataan JPU dalam kasus HRS tersebut," sambungnya.

Terkait dengan materi replik JPU, Anam meminta agar ke depannya penegak hukum tidak asal menyampaikan hal-hal yang bersifat profokativ dan bisa menimbulkan keramaian.

"Saya kira Jaksa mesti hati-hati atas pernyataannya, karena bisa jadi atas pernyataannya tersebut akan memancing gerakan publik pecinta HRS, bukan tidak mungkin jutaan umat pecinta HRS seluruh Indonesia," ungkapnya.

Menurut Saiful, Habib Rizieq selama ini telah mengikuti semua prosedur dan mekanisme sidang dengan sebagaimana mestinya. Akan tetapi, sikap dan tindakan Habib Rizieq dibalas dengan hal yang tidak seharusnya dilakukan JPU.

"Untuk itu saya kira menyinggung hal-hal yang bersifat personal akan memancing kemarahan jutaan pecinta HRS seluruh Indonesia," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA