Farah.ID
Farah.ID

Alumni Jerman Dan STIH IBLAM Tandatangani Kerjasama Pendidikan

LAPORAN: DARMANSYAH
  • Sabtu, 19 Juni 2021, 00:54 WIB
Alumni Jerman Dan STIH IBLAM Tandatangani Kerjasama Pendidikan
MoU STIH IBLAM dan Perhimpunan Alumni Jerman/RMOL
Pimpinan Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM menandatangani nota kesepahaman/Memorandum of Understanding (MOU) Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan pada Kamis siang (17/06), pukul 14.00 WIB di Kampus STIH IBLAM, Jalan Kramat Raya, No. 25 l, Senen, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ), Vidi Galenso Syarief menandatangani MOU tersebut dengan Ketua STIH IBLAM, Gunawan Nachrawi.

Penandatanganan kerjasama itu disaksikan jajaran pengurus PAJ dan pimpinan serta Civitas Akademika STIH IBLAM dengan memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan.

Vidi mengatakan, PAJ ini didirikan oleh mantan Presiden RI, BJ Habibie. Sampai sekarang ini, baru 8 sampai 10 provinsi PAJ yang ada di Indonesia.

Menurutnya, program atau MOU kali ini adalah yang ke-3 yang dilakukan PAJ selama 6 bulan pertama kepengurusannya.

"Pertama MOU dengan Perwira (Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia). Dengan Perwira, kaitannya di bidang IT dan market place," kata Vidi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (18/6).

Lalu yang kedua, kata Vidi, adalah MOU dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) Raja Ampat.

"MOU dengan Kadin Raja Ampat, kaitannya adalah di bidang bisnis dan pariwisata," ujarnya.

Mengenai MOU dengan STIH IBLAM, Vidi yang juga seorang pengacara ini menjelaskan, kebetulan dirinya adalah dosen di STIH IBLAM.

"Saya kebetulan dosen IBLAM sudah sejak 2014. Dan, saya juga alumni STIH IBLAM.  Sudah 25 tahun kampus ini berdiri dan sangat bagus dosen-dosennya, termasuk Pak Bismar Siregar (mantan hakim agung)," jelasnya.

Vidi berharap, dengan kerjasama ini, STIH IBLAM bisa membuka program studi (prodi-prodi) lainnya.

"Supaya ke depan, IBLAM bisa jadi universitas yang levelnya nasional bahkan internasional. Seperti kerjasama dengan Jerman ini, kan imaje-nya beda (high class)," tegasnya.

Ketua Yayasan LPIHM IBLAM, Rahmat Dwi Putranto berharap dengan kerja sama ini, lulusan IBLAM bisa ke Jerman saya.

"Insya Allah, MOU ini jangan disia-siakan. Target-target peningkatan SDM mudah-mudahan tercapai. Kita sudah sepakat kerja sama dan harus kita gunakan momen ini sebaik mungkin," ucapnya.

Sementara itu, Ketua STIH IBLAM, Gunawan Nachrawi mengatakan, langkah awal realisasi MOU ini adalah pendidikan dan penelitian.

"Saya sambut gembira kerja sama ini. Mudah-mudahan bermanfaat MOU pelaksaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini. Dengan kerjasama ini, PAJ dan IBLAM bisa saling mengisi. Siapa tahu nanti ada perubahan kurikulum, misalnya," terangnya.

ARTIKEL LAINNYA