Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Romo Magnis Suseno: Rakyat Berhak Menagih Pancasila Kepada Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 19 Juni 2021, 17:18 WIB
Romo Magnis Suseno: Rakyat Berhak Menagih Pancasila Kepada Pemerintah
Gurubesar Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyakara, Franz Magnis Suseno/Rep
rmol news logo Pancasila sebagai ideologi negara sedianya diejawantahkan oleh pemerintah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu, Pancasila harus ditagih dari pemerintah yang berperan sebagai penguasa negara.

Demikian disampaikan gurubesar Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyakara, Franz Magnis Suseno saat mengisi webinar yang diselenggarakan oleh LP3ES bertajuk "Pancasila: Tandingan Agama atau Etika Kebangsaan?", Sabtu (19/6).

"Pancasila itu tuntutan terhadap rakyat atau tuntutan rakyat kepada pemerintah? Kita civil society berhak menagih Pancasila kepada pemerintah. Karena pemerintah berkuasa penuh," kata Romo Magnis sapaan akrab budayawan senior itu.

Atas dasar itu, Romo Magnis menyatakan bahwa pemerintah tidak semestinya menuntut masyarakat dengan macam-macam hal atas nama Pancasila. Tugas masyarakat sebagai warga negara hanya menganut ideologi yang dinamakan Pancasila.

"Jadi, jangan pemerintah memaksakan Pancasila sebagai macam-macam hal kepada masyarakat. Justru pemerintah harus ditagih dan dikritik, karena kebebasan berpendapat ada di undang-undang dan juga di dalam Pancasila," tegasnya.

"Mari kita tuntut etika Pancasila kita tagih ke penguasa," demikian Romo Magnis.

Turut hadir sejumlah narasumber dalam webinar LP3ES itu, yakni Ketua Program Studi Islam Madani Universitas Paramadina, M. Subhi Ibrahim, dan dosen Paramadina Graduate School of Communication, Universitas Paramadina, Jakarta, Ika Karlina Idris. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA