Farah.ID
Farah.ID

Pilpres 2024, Kalau Partai Open Minded Pasti Akomodir Rizal Ramli

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 23 Juni 2021, 12:00 WIB
Pilpres 2024, Kalau Partai Open Minded Pasti Akomodir Rizal Ramli
Ekonom senior Rizal Ramli/Net
Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S) Jerry Massie menilai, ekonom senior Rizal Ramli merupakan salah satu tokoh yang mumpuni dan layak untuk memimpin Indonesia.

Namun karena adanya presidential threshold (PT) sebesar 20 persen, sulit buat mantan Menteri Keuangan era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu untuk maju sebagai Calon Presiden lantaran tak memiliki kendaraan partai politik.

Padahal kata Jerry, Rizal Ramli selama ini menawarkan solusi bukan hanya lip service atau hanya kata-kata di mulut saja.

"Kalau partai mau open minded saya rasa RR akan di akomodir," kata Jerry kepeada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (23/6).

Disisi lain, kata Jerry, Rizal Ramli menurutnya sebagai sosok yang dicintai oleh para petani, nelayan hingga pedagang kecil. Diantaran banyak tokoh yang digadang-gadang, Rizal Ramli memiliki kemampuan untuk mengkonsep kebijakan, bagaimana strateginya dan kemudian mengeksekusi.

"Dengan usia saat ini Rizal sangat baik menahkodai Indonesia," demikian Jerry.  

Walau tak masuk dalam radar sejumlah lembaga survei, nama Rizal Ramli banyak juga diperbincangkan publik sebagai calon pemimpin Indonesia yang akan datang. Sikap kritis dan apa adanya melihat kondisi negeri ini dianggap mewakili suara rakyat.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menilai RR layak menjadi Capres setelah memperhitungkan sepak terjangnya di pemerintahan sudah cukup untuk bisa berbuat untuk memperbaiki bangsa.


EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA