Farah.ID
Farah.ID

Jaring Pengamanan Pelaku Usaha Disiapkan Sandiaga Jika Terjadi Lockdown

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 23 Juni 2021, 14:04 WIB
Jaring Pengamanan Pelaku Usaha Disiapkan Sandiaga Jika Terjadi Lockdown
Ilustrasi Lockdown/Repro
Ancang-ancang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seiring ramainya desakan untuk karantina wilayah secara ketat hingga lockdown di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

"Jika lockdown dilakukan, tentu kami akan lakukan langkah-langkah di Kemenparekraf untuk mematuhi dan menyiapkan kepatuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (23/6).

Tidak hanya menyiapkan kepatuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga juga akan aktif memberikan jaring pengaman berupa bantuan sosial yang ditujukan kepada pelaku parekraf.

"Kami akan genjot program-program intervensi dari segi bantuan sosial. Adapun bantuannya berupa dana hibah pariwisata dan ekonomi kreatif, bantuan permodalan, bantuan insentif, bantuan likuiditas," jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini ingin sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tetap mampu bertahan, meski kkebijakan yang dikeluarkan berupa lockdown.

"Dan, dana-dana pemulihan ekonomi nasional agar bisa membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan di tengah memasuki periode seandainya pemberlakuan lockdown dilakukan," pungkasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA