Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rakyat Indonesia Miskin Hanya Karena Pemerintah Gagal Kelola SDA Pemberian Tuhan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 23 Juni 2021, 21:33 WIB
Rakyat Indonesia Miskin Hanya Karena Pemerintah Gagal Kelola SDA Pemberian Tuhan
Ketua Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono/Net
rmol news logo Banyak negara berkembang yang kaya raya akan sumber daya alam (SDA) dan tambang, namun tetap saja rakyatnya miskin.

Menurut Ketua Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono, hal itu ditengarai oleh kesalahan dalam pengelolaan SDA itu sendiri.

"Kuncinya karena penguasaan tambangnya salah, akhirnya rakyatnya jadi miskin," kata Arief Poyuono dalam webinar yang diselenggarakan Warna Institute bertajuk 'Tambang Untuk Kesejahteraan Rakyat', Rabu (23/6).

Hal serupa terjadi di Indonesia. Kemampuan dalam mengelola sumber daya alam hingga kini masih jadi persoalan bangsa. Padahal sudah menjadi rahasia umum, Indonesia termasuk negara dengan perut bumi yang amat kaya.

"Ini juga sudah terjadi pada diri kita sendiri, misalnya tentang tambang minyak bumi. Hari ini kita jadi importir, dulu kita jadi eksportir. Karena apa? Karena ada kesalahan mengelola minyak," kritiknya.

Hal ini menjadi PR besar pemerintah untuk bisa meningkatkan kemampuan dalam mengelola sumber alam yang dikaruniai Tuhan kepada bangsa Indonesia. Bila pengelolaan dilakukan dengan baik, maka seharusnya kesejahteraan rakyat bisa terangkat.

"Ini baru jenis satu tambang. Jangan sampai tambang-tambang lain nanti kita impor, jangan sampai," demikian Arief Poyuono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA