Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tambang Rakyat Hanya Hasilkan Barang Mentah, Harus Ada Kolaborasi Industri Pertambangan Dengan Manufaktur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 24 Juni 2021, 00:59 WIB
Tambang Rakyat Hanya Hasilkan Barang Mentah, Harus Ada Kolaborasi Industri Pertambangan Dengan Manufaktur
Ketua Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono/Repro
rmol news logo Kolaborasi antara industri pertambangan dengan industri manufaktur di Indonesia harus dilakukan. Hal ini antara lain untuk memperbaiki pengelolaan tambang rakyat yang hanya menghasilkan produk mentah.

Demikian disampaikan Ketua Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono saat menjadi narasumber dalam webinar yang diselenggarakan Warna Institute bertajuk "Tambang Untuk Kesejahteraan Rakyat" pada Rabu (23/6).

"Harus ada kolaborasi juga antara industri pertambangan dengan industri manufakturing di Indonesia. Ini penting, karena kita memang selama ini menjadi objek, hanya bahan-bahan baku tambang saja yang keluar dari Indonesia, tanpa menjadi sebuah produk akhir," kata Arief Poyuono.

Menurut Politikus senior ini, tambang rakyat yang hanya menghasilkan produk mentah harus diperbaiki pengelolaannya oleh pihak-pihak terkait agar terjadi perbaikan ke depannya.

"Ini yang harus kita pikirkan ke depan," tegasnya.

Lebih lanjut, Arief Poyuono mencontohkan, dari pengelolaan btambang nikel yang hingga saat belum ada produk yang dihasilkan dari bahan baku nikel tersebut.

"Misalnya nikel, apa yang dihasilkan dari nikel produknya? Ada enggak pabrik yang dari nikel di Indonesia? Ini yang harus dipikirkan," pungkasnya.

Selain Arief Poyuono, turut hadir sejumlah narasumber dalam webinar tersebut yakni Pencetus Bukit Algoritma, Budiman Sudjatmiko, hingga Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA