Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tulang Punggung Ekonomi, IKAPPI: Percepat Vaksinasi Bagi Pedagang Pasar Tradisional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 24 Juni 2021, 02:59 WIB
Tulang Punggung Ekonomi, IKAPPI: Percepat Vaksinasi Bagi Pedagang Pasar Tradisional
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19/Net
rmol news logo Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) hari ini merilis data terbaru kasus Covid-19 di pasar tradisional.

DPP IKAPPI mencatat ada 153 kasus baru yang ada di 28 pasar. Dari total kasus itu,  kasus meninggal sekitar 19 orang.

Jumlah total kasus positif di seluruh Indonesia menjadi 1.934 terjadi di 321 pasar dan kasus meninggal kurang lebih sekitar 89 kasus.

Ketua Bidang Asuransi dan Kesehatan Pedagang DPP IKAPPI Mahin Aufa mengatakan, IKAPPI meminta kepada pemerintah daerah untuk memperkuat protokol kesehatan kepada pedagang pasar.

"Kami memohon dan berharap agar terus menjaga kesehatan dan menjaga jarak tetap pakai masker, tempat pencuci tangan juga diaktifkan kembali, protokol kesehatan dilakukan secara disiplin," demikian kata Mahin, Rabu (23/6).

DPP IKAPPI juga memberi catatan terkait penerapan PPKM.

Pertama, IKAPPI berharap PPKM tidak mempengaruhi distribusi pangan. Sebab, persoalan pangan adalah sensitif karena sangat dibutuhkan masyarakat sehingga dapat berimbas pada gejolak harga.

Catatan kedua, DPP IKAPPI berharap PPKM tidak mengganggu roda ekonomi di daerah.

Mahin menjelaskan pasar tradisional adalah tulang punggung ekonomi daerah. Pasar tradisional menjadi tempat distribusi pangan sehingga oeparasinya tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

"Yang ketiga kami meminta kepada pemerintah untuk mencari formulasi dalam hal ini Kementerian terkait, mencari formulasi yang tepat agar kebijakan PPKM ini tidak menyulitkan pedagang pasar," demikian ulasan Mahin.

DPP IKAPPI juga meminta seluruh pengelola pasar tradisional memperkuat penerapan protokol kesehatan.

"Kami berharap agar kebijakan ini bisa menjaga dan mengurangi laju pertumbuhan atau penyebaran Covid-19 di Indonesia dan semoga pasar tradisional tetap terjaga kita semua, pedagang dan pembeli agar menjaga kesehatan," demikian permintaan Mahin.

Ia juga meminta pemerintah agar mempercepat vaksinasi khususnya di pasar tradisional.

Apabila pemerintah kesulitan dalam melakukan pendataaan, DPP IKAPPI kata Mahin siap membantu memperkuat data pasar tradisional.

"Agar vaksinasi itu berjalan dengan baik sesuai rencana kita semua sesuai dengan arahan bapak presiden Republik Indonesia untuk mempercepat vaksinasi dipasar tradisional," pungkas Mahin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA