Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Corona Melonjak, PAN Sarankan 27 Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 25 Juni 2021, 10:19 WIB
Corona Melonjak, PAN Sarankan 27 Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi
Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN, Yandri Susanto/Net
rmol news logo Pemerintah harus mencari alternatif seiring tingkat keterisian rumah sakit semakin penuh dan terbatas akibat lonjakan kasus Covid-19 yang tidak terkendali.

Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN, Yandri Susanto menyarankan pemerintah segera memfungsikan asrama haji di seluruh Indonesia sebagai ruang isolasi.

Menurut Yandri, dengan tidak adanya jemaah haji tahun ini, maka asrama haji bisa difungsikan sepenuhnya sebagai tempat isolasi pasien corona.

"Ada sebanyak 27 asrama haji di seluruh Indonesia dengan total 3.465 kamar yang bisa difungsikan menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19," kata Wakil Ketua Umum PAN itu, Jumat (25/6).

Solusi menggunakan asrama haji, kata Yandri, bisa menghemat anggaran untuk isolasi pasien daripada menggunakan hotel yang membutuhkan biaya besar.

"Fasilitas asrama haji tentu baik dan layak untuk menjadi ruang isolasi pasien. Apalagi sekarang seperti Wisma Atlet juga sudah semakin penuh. Masuk juga harus antri," imbuhnya.

Dia juga menyarankan agar dana APBN yang disiapkan untuk pelaksanaan haji tahun ini bisa dialihkan sebagian untuk penanganan Covid-19.

"Untuk mengubah fungsi asrama haji menjadi ruang isolasi tentu membutuhkan fasilitas tambahan. Karena haji batal maka dana APBN yang disiapkan untuk haji tahun ini bisa direfocusing sebagian untuk pelayanan pasien Covid-19 di asrama haji," ucap Yandri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA