Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo Minta Penyelenggara Vaksinasi Jamin Perlindungan Data Pribadi Warga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 25 Juni 2021, 21:25 WIB
Menkominfo Minta Penyelenggara Vaksinasi Jamin Perlindungan Data Pribadi Warga
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate/Net
rmol news logo Perlindungan data pribadi warga yang melakukan vaksinasi menjadi perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyampaikan imbauan kepada setiap penyelenggara vaksinasi agar menjamin data pribadi masyarakat bisa terlindungi dengan baik.

"Proses-proses vaksinasi ini, karena melibatkan data pribadi, maka tentu kita harapkan agar perlindungan data pribadi tetap kita jaga dengan baik," ujar Johnny dalam Konferensi Pers usai Pelaksanaan Vaksinasi untuk 10.000 Pekerja Media, di Bentara Budaya Kompas, Jakarta, Jumat (25/6).

Selain itu, Johnny juga mengingatkan masyarakat terkait penggunaan sertifikat vaksinasi, yaitu hanya untuk keperluan khusus tertentu seperti hendak melakukan perjalanan dinas atau ada keperluan yang mendesak.

"Jangan sampai diedarkan, karena di sertifikat itu ada QR Code, di dalam QR Code itu ada data pribadi. Jadi sertifikat digital kita peroleh, tetapi di saat yang bersamaan kita menjaga data pribadi kita dengan cara tidak mengedarkannya untuk kepentingan yang tidak semestinya," tegasnya.

Johnny menjelaskan, sertifikat digital vaksin ini bisa diperoleh setiap orang usai melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebagai bukti telah divaksin. Sertifikat ini bisa diunduh dari Aplikasi PeduliLindungi dengan terlebih dahulu memasukan nomor induk kependudukan (NIK).

Dalam kesempatan itu, Johnny mengingatkan arti penting vaksinasi Covid-19 yang salah satunya adalah momentum bagi seluruh komponen bangsa untuk bersatu. Menurutnya, hal ini diperlukan agar seluruh elemen dapat menemukan titik simpul yang sama sehingga seluruh kekuatan dan energi bisa digunakan untuk mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia sesegera mungkin.

Oleh karena itu, di tengah penyebaran virus yang semakin cepat akibat varian Delta, Johnny meminta masyarakat untuk tidak panik, takut serta pesimistik. Justru seharusnya, seluruh warga Indonesia memastikan dirinya tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 secara tertib, disiplin dan terus-menerus,

"Karena itu cara yang sangat sangat efektif, jitu untuk mencegah penularan. Hal ini menjadi begitu pentingnya pada saat di mana sekarang tingkat penularannya cukup tinggi," demikian politisi Partai Nasdem ini menutup. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA