Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka UKW Palembang, Gubernur Sumsel Siap Alokasikan Anggaran Sebagai Penghormatan Untuk Pers

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 25 Juni 2021, 22:20 WIB
Buka UKW Palembang, Gubernur Sumsel Siap Alokasikan Anggaran Sebagai Penghormatan Untuk Pers
Gubernur Herman Deru (kemeja putih) bersama anggota Dewan Pers, Jamalul Ihsan dan para penguji UKW UPN Veteran Yogyakarta/Ist
rmol news logo Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers secara resmi dibuka Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru di Hotel Aston, Palembang, Jumat (25/6).

Program ini dilaksanakan oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan UPN Veteran Yogyakarta pada 25 sampai 26 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur berharap UKW yang digelar secara gratis ini akan membawa wartawan di Palembang menjadi kompeten, profesional, dan bernilai estetika.

Bahkan sebagai bentuk apresiasinya, ia siap mengalokasikan anggaran untuk pelatihan wartawan di Sumsel bekerja sama dengan Dewan Pers dan UPN Veteran Yogyakarta.

"Training untuk wartawan di Sumsel ini saya rasa memang perlu dilakukan. Pemprov bersedia membiayai demi menghormati profesi yang sangat mulia ini,” tutur Gubernur Herman.

Pelatihan khusus bagi insan pers di Sumatera Selatan dinilainya sangat penting dan sangat berguna tidak hanya bagi wartawan itu sendiri, melainkan juga produk berita yang dihasilkan serta kepada masyarakat pembaca.

"Wartawan yang telah mengikuti UKW akan terlihat berbeda, mulai dari cara penyajian dan bahasa yang digunakan dalam penulisan berita," paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers, Jamalul Insan mengatakan, program UKW bertujuan untuk membangun media dan insan pers yang kompeten dan bekerja profesional.

"Banyaknya orang yang mengaku sebagai wartawan. Untuk mengatasinya, dengan melaksanakan UKW bagi wartawan demi menjaga profesi wartawan itu sendiri," kata Jamalul.

UKW ini untuk menguji kompetensi para wartawan yang sudah bekerja, bukan bagi mereka yang akan mulai menggeluti dunia jurnalistik. Melalui UKW inilah, kata dia, dicapture dan direkam, sejauh mana kompetensi dan profesionalisme wartawan dalam menjalankan pekerjaannya sehari-hari.

Di tempat yang sama Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta, Agung Prabowo menjelaskan bahwa UKW di Palembang ini merupakan wujud kepercayaan Dewan Pers untuk Lembaga Uji Kompetensi Wartawan UPN Veteran Yogyakarta yang kedua. Sebelumnya, pihaknya juga menggelar program yang sama di Batam, Provinsi Kepri pada 19-20 Maret 2021.

Setelah di Pelembang ini, UKW gratis yang difasilitasi Dewan Pers akan dilanjutkan di Provinsi Gorontalo pada 9-10 Juli 2021 mendatang. Tapi karena terjadi ledakan penyebaran Covid-19 di Indonesia, maka kegiatan ini ditunda.

"Ada moratorium dari Dewa Pers untuk kegiatan UKW di seluruh Indonesia, ini karena saat ini penyebaran Covid-19 sedang melonjak," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA