Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Elite Perlu Tiru Kerja Airlangga, Fokus Bantu Jokowi Tapi Elektabilitas Tetap Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 25 Juni 2021, 22:43 WIB
Pengamat: Elite Perlu Tiru Kerja Airlangga, Fokus Bantu Jokowi Tapi Elektabilitas Tetap Naik
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Sikap Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang memutuskan tetap fokus bekerja bersama Kabinet Indonesia Maju menuai pujian.

Saat ini, para pembantu Presiden Joko Widodo memang perlu memberikan fokus penuh untuk membangkitkan Indonesia dari keterpurukan akibat hantaman pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

“Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan Pak Airlangga Hartarto. Fokus bekerja. Inilah pemimpin yang baik,” kata pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing kepada wartawan, Jumat (25/6).

Sikap Ketua Umum Partai Golkar ini pun patut ditiru oleh para elite yang saat ini dikait-kaitkan dengan pesta demokrasi lima tahunan, yakni Pilpres 2024. Dibanding mementingkan citra demi 2024, sudah selayaknya para ketua umum partai ikut membantu pemerintah memulihkan ekonomi bangsa.

“Sikap ini yang dibutuhkan rakyat. Apalah artinya sebuah jabatan jika tak bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” sambung Emrus.

Dengan fokus bekerja, Emrus yakin masyarakat dengan sendirinya akan memberikan dukungan. Para pemimpin yang memiliki sikap tersebut pun akan mendapatkan insentif elektoral untuk kepentingan elektabilitas.

Oleh sebab itu, sikap yang ditunjukkan Airlangga yang juga menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional patut ditiru tokoh lain. Tanpa banyak pencitraan, Airlangga pun dengan sendirinya masuk dalam jajaran tokoh yang diperhitungkan di 2024.

Seperti halnya pada survei LSI Denny JA beberapa waktu lalu, nama Airlangga masuk lima besar untuk Pilrpres 2024 dengan elektabilitas 5,3 persen. Elektabilitas ini terbilang meningkat bila dibandingkan survei pendahulunya, seperti Indikator Politik Indonesia pada April 2021 yang mencatat elektabilitas Airlangga 1 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA