Farah.ID
Farah.ID

Fokus Penanganan Covid, Proyek Ibukota Termasuk Rencana Pembelian Alutsista Sebaiknya Ditunda

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 26 Juni 2021, 10:28 WIB
Fokus Penanganan Covid, Proyek Ibukota Termasuk Rencana Pembelian Alutsista Sebaiknya Ditunda
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti/Net
Pemerintah diminta fokus pada upaya penanganan Covid-19 di Tanah Air, melihat lonjakan kasusnya yang begitu signifikan dan cukup mengkhawatirkan.

Karena itu, seluruh pembiayaan negara baiknya difokuskan pada penanganan pandemi. Anggaran untuk proyek-proyek ambisius seperti pembelian alutsista, infrastruktur, termasuk pemindahan Ibukota Negara sebaiknya ditunda.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Sabtu (26/6).

"Seluruh pembiayaan negara kembali difokuskan untuk hal ini (Covid-19). Proyek-proyek ambisius yang menelan anggaran negara baiknya ditunda. Seperti rencana pembelian alutista dan pemindahan ibukota negara," kata Ray Rangkuti.

Menurut aktivis '98 ini, sosialisasi, publikasi dan pengumuman yang berkelanjutan tentang bahaya varian baru virus Covid-19 harus digalakkan. Pasalnya, masyarakat Indonesia belakangan sudah bereuforia kembali ke era normal.

Atas dasar itulah, himbauan untuk sekedar taat protokol kesehatan jelas tidak akan efektif.

"Pilihannya memang serba sulit. Tapi menjalankan PPKM atau lockdown tanpa kesiapan seluruh perangkat pemerintah bisa makin sulit," ucap Ray Rangkuti.

ARTIKEL LAINNYA