Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ahmad Muzani Minta Gedung Milik Pemerintah Disulap Jadi RS Darurat Covid-19

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 29 Juni 2021, 09:52 WIB
Ahmad Muzani Minta Gedung Milik Pemerintah Disulap Jadi RS Darurat Covid-19
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani/Net
Sejumlah rumah sakit dilaporkan sudah melebihi kapasitas seiring lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani pun menyarankan agar pemerintah pusat dan daerah segera mencari jalan keluar. Salah satu opsi yang ditawarkan adalah membuka fasilitas rumah sakit darurat dengan memanfaatkan gedung pemerintahan.

"Pemerintah pusat dan daerah perlu segera membuka RS darurat dengan memanfaatkan gedung-gedung milik pemerintah daerah seperti pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat), stadion olahraga atau GOR," kata Ahmad Muzani, Senin (29/6).

Menurutnya, pembukaan RS darurat untuk memberikan kepastian pasien Covid-19 tidak terlantar dan bisa mendapatkan perawatan maksimal.

Bahkan, dia juga meminta agar fasilitas yang ada di Komplek Gelora Bung Karno (GBK) digunakan untuk membuka RS darurat Covid-19 mengingat lonjakan kasus di Jakarta menjadi yang terbesar di Indonesia.

"Fasilitas gedung di Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan bisa digunakan untuk RS darurat tersebut. Seperti di Tenis Indoor dan sarana lainnya, karena RS di area Jabodetabek mayoritas telah melebihi kapasitas yang menyebabkan antrean panjang pasien," jelasnya.

Lanjut Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini, pemerintah juga harus memaksimalkan asrama haji untuk penunjang perawatan pasien.

"Selain itu beberapa asrama haji juga dapat difungsikan sebagai RS darurat, apalagi tahun ini ibadah haji ditiadakan," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA