Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terima 178 Usulan DOB, Ketua Komite I DPD RI Berharap Pemerintah Beri Perhatian Serius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 29 Juni 2021, 14:59 WIB
Terima 178 Usulan DOB, Ketua Komite I DPD RI Berharap Pemerintah Beri Perhatian Serius
Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi/Net
rmol news logo Aspirasi masyarakat terkait daerah otonomi baru tampaknya sangat besar. Terlihat dari adanya 178 calon daerah otonomi baru (CDOB) yang telah menyerahkan berkas administrasi untuk pemekaran kepada pihak DPD RI.

Hal ini diketahui saat Komite I DPD RI menggelar rapat finalisasi penetapan calon daerah otonomi baru (CODB) dengan Pemerintah Provinsi Banten, di Kota Serang, Senin (28/6).

“Kita di DPD RI telah menerima 178 CDOB yang telah mendaftar. Terdiri dari 15 usulan DOB provinsi, 140 usulan l kabupaten, dan 23 usulan untuk kota," ujar Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi, melalui keterangannya, Selasa (29/6).

Khusus Provinsi Banten, kata Fachrul, sudah diterima 3 usulan DOB yang siap dimekarkan.

"Di antaranya CDOB Kabupaten Cilangkahan pemekaran dari Kabupaten Lebak, CDOB Kabupaten Caringin dan Kabupaten Cibaliung yang keduanya pemekaran dari Kabupaten Pandeglang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Senator Provinsi Aceh ini menyampaikan, peraturan perundangan yang berkaitan dengan pemerintah daerah telah dilakukan penyusuaian dengan tuntutan reformasi. Ditandai dengan terbentuknya UU 32/1999, UU 32/2004, dan terakhir UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Fachrul meyakini bahwa isu terkait penataan daerah menjadi hal krusial yang mesti direspons cepat oleh pemerintah, khususnya terkait DOB.

“DPD selaku representasi daerah mengharapkan pemerintah memberikan perhatian khusus terkait isu penataan daerah, apalagi menyangkut DOB," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA