Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Perlu Diperhitungkan Sebagai King Maker Pada Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 30 Juni 2021, 18:45 WIB
Jokowi Perlu Diperhitungkan Sebagai King Maker Pada Pilpres 2024
Presiden RI Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo tetap harus diperhitungkan dalam peta Pilpres 2024, sekalipun dia bukanlah ketua umum partai politik.

Begitu dikatakan Direktur Eksekutif PARA Syndicate, Ari Nurcahyo dalam diskusi virtual dengan tema "The King Makers 2024: Megawati, Jokowi, Prabowo, Siapa Lagi?", Rabu (30/6).

Ari menjelaskan, salah satu hal penting mengapa Jokowi harus diperhitungkan adalah selama menjabat dua periode ini, praktis sebagian besar partai politik memberikan dukungan.

"Dukungan lintas partai dan power politik yang kuat ini penting mempertimbangkan Pak Jokowi sebagai salah satu king maker," ujar Ari.

Menurutnya, peran sentral yang bisa masuk pada sebagian besar partai politik membuat Jokowi lebih hebat dari ketua umum partai politik sekalipun.

Alasan kedua, lanjutnya, adalah gerbong pendukung. Yakni, betapa solidnya pendukung dan relawan Jokowi dalam mengawal kepemimpinannya hingga saat ini.

"Gerbong pendukung Pak Jokowi dengan relawan dan konstituen Pak Jokowi pada dua pilpres itu kan menjadi dukungan kekuatan yang luar biasa," tandasnya.

Pembicara lain dalam diksusi itu adalah Direktur Eksekutif SULINDO - Surveylink Indonesia, Wempy Hadir, dan dosen komunikasi politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA