Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vaksin Dan PPKM Berjilid-jilid Penting, Tapi Bukan Ukuran Mengendalikan Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 01 Juli 2021, 12:42 WIB
Vaksin Dan PPKM Berjilid-jilid Penting, Tapi Bukan Ukuran Mengendalikan Pandemi
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera/Net
rmol news logo Langkah pemerintah menggenjot vaksinasi memang merupakan salah satu ikhtiar dalam mencegah sebaran Covid-19 yang dalam beberapa pekan terakhir kasusnya melonjak drastis di tanah air. Begitu juga dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang baru saja diumumkan Presiden Joko Widodo.

Namun begitu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengingatkan bahwa vaksinasi dan PPKM bukan ukuran untuk mengendalikan pandemi.

“Vaksin/PPKM berjilid-jilid penting tapi tidak bisa jadi ukuran mengendalikan pandemi,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (1/6).

Mardani menekankan bahwa perencanaan hingga implementasi manajemen krisis yang bisa mengkombinasikan prioritas kesehatan dan ekonomi masyarakat adalah kunci yang sesungguhnya.

Dalam hal ini, dibutuhkan kepemimpinan yang kuat, teladan, dan kompeten. Sehingga bisa menyediakan indikator terstruktur, teratur, dan terukur (3T).

“Pak Jokowi tidak hanya jadi panglima yang kuat, tapi harus bisa jadi teladan bagi masyarakat. Kebijakan yang pemerintah ambil saat ini sudah tidak bisa mengakomodasi situasi penularan,” sambung Mardani.

Menurutnya, pemerintah harus hadir menyamakan langkah di berbagai daerah agar fasilitas kesehatan yang mulai kolaps, jumlah pasien yang kian bertambahm hingga mobilitas masyarakat yang masih tinggi bisa tertangani.

“Pemerintah juga harus hadir guna menyamakan langkah di berbagai daerah. Tak jarang, daerah kesulitan melakukan penutupan skala mikro karena ketiadaan koordinasi dengan wilayah lain,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA