Farah.ID
Farah.ID

Gandeng BUMN, GP Ansor Luncurkan Program Pembinaan UMKM 'Sobat Bayar'

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 02 Juli 2021, 03:51 WIB
Gandeng BUMN, GP Ansor Luncurkan Program Pembinaan UMKM 'Sobat Bayar'
Peluncuran program ekonomi GP Ansor yakni Sobat Bayar/Ist
Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama menggandeng PT Pos dan BNI dalam memperkuat keagenan pospay, BNI 46, penyaluran KUR, pelatihan serta pendampingan UMKM Ansor.  

Dalam acara penandatanganan itu hadir dalam kegiatan ini Menteri BUMN Erick Tohir, Ketua Umum PP GP Ansor, Dirut PT Pos Bapak Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Bapak Charles Sitorus, Dirut BNI Bapak Royke Tumilaar dan Direktur Bisnis UMKM BNI Bapak Muhammad Iqbal.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dirinya ingin Indonesia modern. Di masa sulit pandemi Covid-19, Erick mengaku ingin Kementerian BUMN benar-benar menjad lokomotif pembangunan.

"Kita mencari embrio-embrionya supaya kalau kita ketemu pengusaha yang dari GP Ansor," demikian kata Erick Thohir, Kamis (1/7).

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pola kerjasama sangatlah penting untuk mengangkat tingkat ekonomi masyarakat, khususnya kader Ansor.

"Saya kira kerjasama antara PT POS, BNI dan Ansor ini menjadi momentum Bapak-bapak sekalian di BUMN ini untuk membantu sahabat-sahabat kami di Ansor, ini momentum untuk semua kader Ansor untuk bangkit dari situasi ekonomi susah," penjelasan Gus Yaqut.

Sementara itu, Wasekjen Bidang Ekonomi PP GP Ansor Addin Jauharudin  menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan kolaborasi Ansor dengan BUMN.

Dimaksudkan sebagai upaya mengembangkan ekonomi kader Ansor dengan system digital yang akan mengintegrasikan secara nasional.
Ditambahkan Addin, berbagai layanan jasa keuangan akan masuk dalam ekosistem ekonomi disamping memperbaiki dan mengintegrasikan rantai pasok UMKM.

"Dalam situasi Covid seperti ini, menggerakan Nahdlotut Tujjar (kebangkitan saudagar) adalah fardlu ‘ain, Ansor menjadi garda depan sebagai penggerak ekonomi masyarakat," jelas Addin.     

Dirut PT Pos Indonesia, Faizal menjelaskan, tujuan menjalin kerjasama dengan GP Ansor adalah untuk mengembangkan kewirausahaan pemuda dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan layanan pos.

Kata Faizal, bentuk kerjasamanya yaitu pengelolaan agen pos fisik dan layanan bergerak dengan nama “Sobat Bayar”.

"Inovasi program tersebut hadir dalam bentuk aplikasi ponsel pintar. Setiap transaksi yang dilakukan melalui agen pos Sobat Bayar mendapatkan sharing fee.," pungkas Faizal.

ARTIKEL LAINNYA