Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpinan Komisi IX DPR: Kemenkes Harus Tanggung Jawab Atas Kematian 63 Pasien Di RS Sardjito

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 04 Juli 2021, 16:13 WIB
Pimpinan Komisi IX DPR: Kemenkes Harus Tanggung Jawab Atas Kematian 63 Pasien Di RS Sardjito
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena/Net
rmol news logo Kelangkaan pasokan oksigen hampir di seluruh Indonesia turut disoroti pimpinan Komisi IX DPR RI.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena secara khusus menyoroti kasus meninggalnya 63 pasien Covid-19 di Rumah Sakit Sardjito karena diduga kekurangan stok oksigen.

Terlebih, ada kabar bahwa pada tanggal 3 juli Dirut RSUP Sardjito sudah mengirim surat terkait kondisi pasokan oksigen medis yang mereka miliki kepada pemerintah.

"Kematian 63 pasien di RSUP Sardjito tanggung jawabnya Kemenkes. Harusnya mereka bisa membantu semenjak surat dari RSUP Sardjito disampaikan. Jadi harus ada yang bertanggung jawab terhadap kematian 63 pasien di RSUP," tegas Melki Laka Lena kepada wartawan, Minggu (4/7).

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, adanya kasus kelangkaan oksigen harus menjadi bahan evaluasi dan pelajaran bagi pemerintah ke depan. Pihaknya meminta Kemenkes bekerja sama dengan kementerian lain untuk bersinergi dalam memasok cadangan oksigen untuk masyarakat.

“Kemenkes bisa bekerja sama dengan Kemenperin maupun pelaku industri oksigen medis, termasuk para distributor di Jawa dan Bali dan seluruh Indonesia untuk memastikan pasokan gas oksigen medis, terutama di faskes rujukan,” katanya.

Soal kasus meninggalnya 63 pasien di RSUP Sardjito, ia meminta perlu ada langkah lanjutan dari aparat hukum.

"Perlu ada proses hukum terkait kelalaian ini. Jadi untuk suplai oksigen di rumah sakit rujukan itu harus dipastikan aman," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA