Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator Golkar: Aparat Mesti Berikan Sanksi Berat Kepada Spekulan Alkes Dan Obat-obatan Covid-19

Senin, 05 Juli 2021, 18:16 WIB
Legislator Golkar: Aparat Mesti Berikan Sanksi Berat Kepada Spekulan Alkes Dan Obat-obatan Covid-19
Anggota Komisi III DP RI fraksi Partai Golkar, Andi Rio Idris Padjalangi/Net
rmol news logo Kenaikan harga yang tidak wajar terhadap alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan Covid-19 disoroti Legislator dari Partai Golkar, Andi Rio Idris Padjalangi.

Andi Rio menduga kenaikan harga alkes dan obat-obatan Covid-19 terjadi karena ada permainan spekulan. Sehingga, ia meminta kepada Polri untuk memberikan sanksi tegas kepada mereka.

"Berikan sanksi seberat-beratnya kepada para spekulan yang bermain selama wabah virus corona melanda, jangan mencari keuntungan di tengah kesulitan yang dilanda pemerintah dan masyarakat," kata Andi Rio dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (5/7).

Menurut Andi Rio, oknum-oknum yang diduga bermain dengan harga obat-obatan dan alkes itu tidak memiliki rasa kemanusiaan, karena mengambil keuntungan yang tidak wajar disaat kondisi pandemi Covid-19 melonjak di tanah air.

"Ini namanya mencari keuntungan di tengah musibah. Kok enggak ada rasa kemanusiannya? Harusnya saling membantu, ini malah mencari keuntungan sebanyak banyaknya," sesalnya.

Atas dasar itu, Anggota Komisi III DPR RI ini meminta pemerintah bersama aparat penegak hukum untuk dapat memberikan standar harga eceran penjualan terhadap obat dan alkes yang dibutuhkan pasien positif Covid-19. Hal ini dalam rangka memenuhi kebutuhan kesehatan yang diperlukan dalam proses pemulihan masyarakat yang tertular.

"Kepolisian harus membuka layanan hotline dan informasi bagi masyarakat, sehingga dapat membuka ruang pengaduan terhadap pelaku yang menjual obat dan alat kesehatan diluar batas wajar," katanya.

Lebih lanjut, Andi Rio meminta kepolisian dapat lebih sering turun ke bawah untuk melakukan pengawasan dan melakukan operasi pasar terhadap obat dan alkes yang sangat dibutuhkan masyarakat bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Harus segera turun dan melihat secara langsung agar tidak ada yang melakukan penimbunan dan bermain," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA