Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Pemerintah Siapkan Vaksin Dan Layanan Kesehatan, Masyarakat Tetap Mematuhi Prokes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 06 Juli 2021, 18:42 WIB
Jokowi: Pemerintah Siapkan Vaksin Dan Layanan Kesehatan, Masyarakat Tetap Mematuhi Prokes
Presiden Joko Widodo/Repro
rmol news logo Masalah Covid-19 di dalam negeri terus diperhatikan Presiden Joko Widodo, mengingat angka kasus Covid-19 terus meningkat setiap harinya, dan berimbas pada pelayanan kesehatan warga.

Jokowi pun tak memungkiri bahwa lonjakan kasus Covid-19 beberapa hari ini membuat pemerintah harus bekerja keras.

Katanya, pemerintah telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 di Pulau Jawa dan Pulau Bali pada 3-20 Juli 2021.

Namun, sebagai langkah antisipasi peningkatan kebutuhan tempat tidur di rumah-rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya, pemerintah menyiapkan sejumlah tempat tambahan untuk isolasi bagi mereka yang positif.

Jokowi menyebutkan empat lokasi perawatan pasien Covid-19 yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Beberapa di antaranya bukan rumah sakit namun dialihfungsikan menjadi tempat perawatan yang tertular.

Sementara yang lainnya memang sedari awal sudah dikhususkan untuk perawatan pasien Covid-19, hanya saja ditambah kapasitasnya untuk bisa menampung lonjakan kasus yang terjadi.

Jokowi menyebutkan lokasi pertama adalah Asrama Haji Pondok Gede, yang dialihfungsikan menjadi tempat isolasi pasien dan sudah ia tinjau persiapannya tadi malam.

"Pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit), dan 40 HCU (high care unit). Fasilitas ini saya harap sudah bisa digunakan dua hari ke depan," ujar Jokowi dalam akun Facebooknya, Selasa (6/7).

Tempat kedua yang diubah menjadi lokasi isolasi pasien Covid-19 adalah Rumah Susun Nagrak. Di mana telah disiapkan 2.273 tempat tidur. Selain itu, ada juga Rumah Susun Pasar Rumput yang menyediakan sebanyak 3.986 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

"Di samping itu, pemerintah juga menambah kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga ia mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan dan bersama-sama mengakhiri masalah kesehatan global ini.

"Pemerintah menyiapkan vaksin dan layanan kesehatan, dan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA