Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani Minta Pemerintah Buat Terobosan Konkret

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 07 Juli 2021, 09:41 WIB
Puan Maharani Minta Pemerintah Buat Terobosan Konkret
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Terobosan-terobosan konkret perlu dilakukan pemerintah dalam menangani masa darurat Covid-19 di tanah air. Khususnya untuk memastikan masyarakat yang terpapar virus corona mendapat perawatan memadai.

Permintaan itu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani mengingat sejumlah rumah sakit mulai kewalahan menangani lonjakan penderita Covid-19.

“Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat/lapangan, penderita yang bergejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena rumah sakit penuh,” kata Puan kepada wartawan, Rabu (7/7).

Salah satu yang bisa dilakukan, kata mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu, adalah menambah kapasitas rumah sakit dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

“Bangun rumah-rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan yang bisa dialihfungsikan. Tapi jangan bussiness as usual, kita harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan,” imbuh dia. 

Berdasarkan monitoring dan pengawasan, Puan menilai penanganan pandemi Covid-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi.

Di antaranya, ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat, dan penegakan aturan yang tegas, terukur, serta tanpa pandang bulu.

Selain itu, perlu juga diperkuat komunikasi publik dan sosialisasi, sehingga masyarakat paham akan bahaya virus corona dan penanganannya.

“Masalah beredarnya hoax juga membuat masyarakat panik dan ini harus ada juga pencegahannya,” sambungnya.

Atas dasar itu, Puan mengapresiasi semua pihak yang bekerja sama menyukseskan PPKM Darurat demi menekan penyebaran Covid-19.

"Terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, TNI-Polri, masyarakat dan semua pemangku kepentingan yang sudah bekerja keras dan turut membantu keberhasilan pelaksanaan PPKM Darurat," demikian Puan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA