Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Survei Median: Netizen Lebih Puas Penanganan Covid Pemprov Dibanding Pemerintah Pusat

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 07 Juli 2021, 12:21 WIB
Survei Median: Netizen Lebih Puas Penanganan Covid Pemprov Dibanding Pemerintah Pusat
Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi Covid-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A/Net
Lembaga survei Median melakukan survei di media sosial, yang dimaksudkan untuk menggali persepsi pengguna media sosial Facebook di Indonesia terkait penanganan Covid-19. Hasilnya, tingkat kepuasan netizen terhadap pemerintah Provinsi menangani pandemi virus corona ini cukup tinggi.

"Tingkat kepuasan tertiggi terhadap penanganan Covid adalah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi sebesar 37,8 persen diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota 36,5 persen. Sementara terhadap Pemerintah Pusat hanya 35,3 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu (7/7).

Rico membeberkan, tingkat ketidakpuasan netizen terhadap penanganan Covid oleh Pemerintah Pusat sebesar 30,6 persen, Pemeintah Provinsi 25,4 persen dan Pemerintah Kabupaten/Kota sebesar 24,5 persen.

Survei ini dilakukan dengan rancanagan Non Probability Sampling. Adapun kuisioner berbasis google form yang disebarkan melalui media sosial Facebook dengan target pengguna aktif Facebook berusia 17-60 tahun.

Pertanyaan disebar secara proporsional terhadap populasi dan tersebar di akun Facebook di 34 Provinsi. Survei ini dilakukan 21 hingga 26 Juni 2021.
"Hasilnya terkumpul sebanyak 1.089 responden yang tersebar di 32 Provinsi," tandas Rico.

Rico mengatakan, hasil survei ini dimaksudkan untuk menggali persepsi pengguna media sosial Facebook di Indonesia. Dikarenakan sampel adalah pengguna media sosial, maka survei ini tak dimaksudkan untuk memberi gambaran persepsi populasi secara keseluruhan.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA