Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marwan Cik Asan: Tak Cuma Mengkritik, Ibas Juga Terjun Langsung Bantu Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 09 Juli 2021, 08:22 WIB
Marwan Cik Asan: Tak Cuma Mengkritik, Ibas Juga Terjun Langsung Bantu Rakyat
Sekretaris Fraksi Demokrat DPR RI, Marwan Cik Asan/Net
rmol news logo Kritikan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, tentang Failed Nation, mendapat tanggapan miring sejumlah pihak. Ibas dianggap hanya bisa mengkritik tanpa memberikan solusi.

Hal ini kontan dibantah politikus Partai Demokrat, Marwan Cik Asan, yang meminta mereka yang nyinyiri pernyataan Ibas bersikap adil. Menurut Marwan, Ibas tidak cuma mengritik, tapi terjun langsung ke lapangan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan.

"Jangan karena berseberangan, atau tidak suka, lalu kehilangan sikap fair, sikap adil. Mengapa? Karena di bawah Mas Ibas, fraksi kami sejak awal sudah terjun langsung membantu rakyat yang kesusahan. Kami berpartisipasi, membantu pemerintah dengan cara kami, bukan hanya mengkritik," ucap Marwan dalam keterangannya, Kamis (8/7).

Dituturkan Marwan, sejak awal Maret 2020 Partai Demokrat sudah menggulirkan Gerakan Nasional Demokrat Lawan Corona. Kegiatan ini pun dijalankan seluruh kader secara secara intensif, masif dan terkoordinasi. Termasuk para kader di DPR yang dipimpin Ibas.

"Sejak itu pula, Mas Ibas menginstruksikan kepada seluruh anggota FPD untuk turut menghidupkan gerakan melawan Covid-19 secara ikhlas. Bisa dicek jejak digitalnya, teman-teman Demokrat di DPR langsung terjun ke masyarakat, baik di masa reses maupun tidak untuk turut meringankan beban masyarakat," jelas Marwan.

Kemarin, lanjut Marwan, Ibas memang menyatakan bahwa pemerintah terlihat "tidak berdaya" menangani pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun kedua. Salah satu indikasinya, tabung oksigen sulit didapat.

Pernyataan Ibas tersebut kemudian disebarkan sejumlah orang di media sosial dengan narasi seolah-olah Ibas hanya bisa mengkritik dan tidak berbuat apa-apa untuk membantu penanganan Covid-19.

"Itu kan respons yang aneh. Secara resmi, penanganan pandemi itu tugas pemerintah. Tapi ini juga tanggungjawab bersama. Makanya, Mas Ibas tidak hanya mengomando kami untuk membantu masyarakat, dia sendiri tanpa lelah, dari awal pandemi memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat," kata Sekretaris Fraksi Demokrat DPR RI ini.

Marwan menegaskan pihaknya tak perlu membeberkan secara rinci bantuan yang sudah diberikan. Hal terpenting adalah kepedulian dan aksi langsung itu bisa dipastikan telah dan masih berlangsung hingga kini.

"Situasinya memang nyata-nyata darurat, sementara pemerintah tampak kewalahan. Makanya Mas Ibas mengingatkan. Soal apa yang diperbuat, silakan dilacak. Mudah kok, menemukan jejak digital apa yang dilakukan Demokrat baik DPP maupun FPD, bahkan Mas Ibas pribadi. Kami kritik pakai argumentasi dan data, Anda jawab asbun (asal bunyi), ya repot," kritik Marwan.

Ditambahkan Marwan, Partai Demokrat baik di fraksi maupun kader-kader di berbagai daerah, sudah menunjukkan aksinya di lapangan sejak awal pandemik.

Mulai dari pembagian sembako, penyemprotan, pembagian alat kesehatan, APD untuk tenaga Kesehatan, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Nilai total bantuan yang sudah disalurkan lebih dari Rp 191 miliar.

"Tapi sudahlah, masak iya sih kita mau hitung-hitung amal. Kan malu. Ini sih cuma ngasih tahu, kalau mau nanggapi kritik itu yang adil, yang fair. Jangan bikin narasi yang hanya menunjukkan seolah-olah Anda antikritik, atau enggak rela pemerintah dikritik," demikian Marwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA