Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pimpinan MPR: Peningkatan Spiritualitas Juga Penting Dilakukan Masyarakat Di Masa Pandemi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 09 Juli 2021, 11:56 WIB
Pimpinan MPR: Peningkatan Spiritualitas Juga Penting Dilakukan Masyarakat Di Masa Pandemi
Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani/Net
Peningkatan imun tubuh melalui semangat spiritualitas juga perlu dilakukan masyarakat di samping patuh pada protokol kesehatan dan penerapan PPKM Darurat.

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan, untuk menekan laju peningkatan Covid-19, tidak kalah penting juga meningkatkan ibadah spiritualitas kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sebagai bangsa yang berketuhanan, maka peningkatan spiritualitas kita kepada Allah itu menjadi penting bagi seseorang supaya iman kita menjadi kuat, karena hal itu bisa memperkuat imun. Sehingga kita dapat terjaga dan terhindar dari bahaya Covid-19," ujarnya kepada wartawan, Jumat (9/7).

Menurut Muzani, dalam situasi pandemi yang terus meningkat ini dibutuhkan kesabaran dan kesadaran sosial yang tinggi. Setiap individu juga harus menyadari bahwa dengan berdiam diri di rumah juga merupakan suatu ibadah agar terhindar dari Covid-19.

"Kita saat ini membutuhkan kesabaran dan kesadaran sosial yang kuat. Supaya kesabaran dan kesadaran sosial itu bermakna dan bermanfaat, maka setiap orang harus menyadari bahwa tidak beraktivitas di luar rumah atau #DiRumahAja merupakan suatu ibadah agar kita terhindar dari penyakit," terangnya.

Lanjut Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini, semangat spiritual yang dilakukan masyarakat juga bisa membantu efektifitas PPKM Darurat yang diberlakukan pemerintah hinggal tanggal 20 Juli mendatang.

"PPKM Darurat akan bisa lebih bermakna dan bermanfaat apabila kita semua melakukan upaya atau pendekatan transendental (kerohanian) dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," jelasnya.

Masih kata Muzani, pendekatan ketuhanan harus dianggap sebagai sebuah pendekatan tertinggi dalam setiap ikhtiar kita dalam menangani setiap masalah, setelah semua cara telah dilakukan menurut prosedur dan aturan tata caranya.

"Dan kepasrahan kepada Tuhan atas apa yang terjadi merupakan bentuk keimanan kita dalam beragama," pungkas Muzani.

ARTIKEL LAINNYA