Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem Pastikan Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 14 Juli 2021, 16:26 WIB
Nasdem Pastikan Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun
Ilustrasi beras/Net
rmol news logo Anggota Komisi IV DPR RI Charles Meikyansah optimistis ketersediaan beras nasional hingga akhir 2021 dalam kondisi aman dan bahkan mengalami surplus.

Charles meminta masyarakat untuk tidak khawatir apalagi panik, meski pandemi Covid-19 masih melanda dan saat ini tengah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Kami optimistis atas kerja Kementerian Pertanian (Kementan), yang bekerja sangat keras dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini. Kita tidak akan kekurangan beras," ungkap Kapoksi Komisi IV Fraksi Partai Nasdem itu, Rabu (14/7).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Ditjen Tanaman Pangan, terang Charles, neraca musim tanam (MT) II tahun 2021 menunjukkan surplus beras nasional pada awal Juli sebesar 10,29 juta ton.

"Dengan produksi beras hingga akhir Desember yang ditargetkan mencapai 14,25 juta ton dan konsumsi rakyat Indonesia sebesar 14,91 juta ton, maka ketersedian beras nasional hingga akhir Desember 2021 kembali mengalami surplus, yakni sebesar 9,63 juta ton,” paparnya.

Legislator Dapil Jawa Timur IV ini menambahkan, dengan kondisi ketersediaan beras nasional seperti itu tentu harga beras di pasaran juga relatif stabil.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi sampai panik di masa pandemi Covid-19 dan PPKM ini. Ketersediaan beras dalam kondisi aman dan harga pun cenderung stabil,” urainya.

Kembali Charles mengapresiasi kinerja Kementan, termasuk juga Bulog di masa pandemi Covid-19 ini, yang terus memantau pendistribusian dan harga beras secara nasional di pasaran.

"Berkat jaringan distribusi yang sudah terbangun baik, harga beras tidak mengalami gejolak yang berarti,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA