Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kematian Meningkat, PKS Sentil Pemerintah Sibuk Kerja Simbolik Dan Seremonial

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 15 Juli 2021, 03:40 WIB
Kematian Meningkat, PKS Sentil Pemerintah Sibuk Kerja Simbolik Dan Seremonial
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati/Ist
Pemerintah harus memberi perhatian khusus pada kasus kematian pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Faktanya, tingkat kematian semakin tinggi dan Indonesia menjadi urutan terdepan dalam kasus kematian Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengatakan, kondisi ini diperparah dengan faktor kelangkaan oksigen dan obat, penuhnya tempat tidur rumah sakit, sulitnya mendapatkan mobil ambulance turut menjadi pemicu kematian tinggi pasien isolasi mandiri.

"Bisa dicek di lapangan betapa sulitnya pasien yang isolasi mandiri mendapatkan tabung oksigen dan obat-obatan, terutama untuk golongan antivirus dan antibiotik. Belum lagi soal sulitnya mendapatkan mobil ambulans," kata Mufida, Rabu (14/7).

Menurut politisi PKS ini, program Kemenkes Telemedicine nyatanya belum terbukti berjalan baik dan informasi terkait isoman sulit didapat masyarakat.

Oleh karenanya, ia meminta kepada pemerintah untuk tidak perlu banyak lakukan kerja simbolik dan seremonial. Namun bagaimana mengendalikan harga obat yang melonjak tinggi, termasuk ketersediaan tabung oksigen yang memadai bagi pasien Covid.

"Program Kemenkes Telemedicine belum mampu diakses masyarakat secara luas. Ini kan masalah. Hal itu membuktikan panduan isoman dan obat-obatan bagi pasien Covid tidak terjangkau dan belum didapat," tandas Mufida.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA