Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luhut: Yogyakarta Dulu Banyak Zona Hitam, Sekarang Mulai Merah Dan Masuk Kuning

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 15 Juli 2021, 13:23 WIB
Luhut: Yogyakarta Dulu Banyak Zona Hitam, Sekarang Mulai Merah Dan Masuk Kuning
Tugu Yogyakarta/Net
rmol news logo Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Panjaitan mengaku telah melakukan monitoring pergerakan manusia secara ketat lewat tiga indikator yakni Facebook Mobility, Google Traffic dan juga citra satelit dari NASA dan NOAA.

Pemantauan tiga indikator tersebut didapati bahwa indeks mobilitas gabungan dari periode PPKM Darurat dibandingkan baseline 24 Mei sampai 6 Juni 2021 untuk menganalisis pergerakan manusia dan hasilnya cukup membaik.

"Analisis tambahan dilakukan dengan menggunakan data Google Mobility. Jadi dari sini kita melihat apa yang harus kita lakukan. Apa mobilitas yang kita lihat cukup membaik saya kira," ucap Luhut dalam acara jumpa media secara daring, Kamis (15/7).

Dari pemantauan Google Traffic dan Facebook Mobility ada penurunan aktivitas masyarakat selama diberlakukannya PPKM Darurat ini yang tajam.

"Intensitas cahaya lampu di malam hari sudah menunjukkan turunnya aktivitas masyarakat di malam hari ini DI Yogyakarta. Google mobility juga demikian dan ini saya pikir memberikan indikasi semakin baik yang tadinya di Yogyakarta banyak hitamnya, sekarang mulai merah dan masuk di kuning. Itu yang kita mau," ucapnya.

Selain di Yogyakarta, hal serupa juga terjadi di wilayah Bali. Aktivitas masyarakat di malam hari cenderung menurun selama diberlakukannya PPKM Darurat.

"Begitu juga di Bali seperti ini," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA