Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mulai Hari Ini, Jokowi Bagikan 300 Ribu Paket Obat Gratis Ke Pasien Covid Isoman Di Jawa-Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 15 Juli 2021, 13:32 WIB
Mulai Hari Ini, Jokowi Bagikan 300 Ribu Paket Obat Gratis Ke Pasien Covid Isoman Di Jawa-Bali
Presiden Joko Widodo/Repro
rmol news logo Rencana pemberian obat dan vitamin gratis untuk masyarakat terpapar Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman), mulai digelontorkan pemerintah pada hari ini.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam acara "Peluncuran Paket Obat Isoman Gratis Untuk Rakyat, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (15/7).

Jokowi mengatakan, pemerintah mulai hari ini akan segera membagikan paket vitamin dan obat untuk pasien Covid-19 isoman yang berada di wilayah-wilayah berisiko secara gratis.

"Untuk tahap sekarang ini, yang akan dibagikan adalah 300 ribu paket, untuk yang melakukan isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali," ujar Jokowi dikutip melalui siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Selain di Jawa-Bali, Jokowi memastikan daerah lain di luar dua pulau itu nantinya akan dibagikan obat dan vitamin untuk pasien isoman. Katanya, sudah disiapkan 300 ribu paket untuk yang di luar Jawa.

"Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang kita bagikan, masing-masing untuk tujuh hari. Ini seperti yang sudah terlihat di depan," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan rincian paket obat gratis yang akan dibagikan. Di mana, jenis paket pertama berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan PCR positif tanpa gejala atau OTG.

Kemudian Paket kedua, berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman, dan paket ketiga berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

"Jadi untuk paket ini (dua dan tiga) membutuhkan konsultasi dan resep dokter, ini terutama nanti dokter puskesmas," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh pemerintah tersebut, termasuk dalam hal ini pelaksanaan PPKM Darurat, bertujuan mengurangi laju penularan Covid-19.

"Pemerintah terus bekerja keras untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak. Oleh karena itu, pemerintah memberi bantuan mulai hari ini berupa bantuan bahan pokok (sembako) lewat PKH (Program Keluarga Harapan) dan lewat Bantuan Sosial Tunai, serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan, seperti ini," demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA