Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertemu Sekjen Liga Dunia Islam, Din Syamsuddin Bahas Pengarusutamaan Jalan Tengah Islam

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 18 Juli 2021, 17:46 WIB
Bertemu Sekjen Liga Dunia Islam, Din Syamsuddin Bahas Pengarusutamaan Jalan Tengah Islam
Prof Din Syamsuddin saat bertemu Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa. secara virtual/Repro
Tokoh Muhammadiyah, Prof Din Syamsuddin melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Dunia Islam atau Rabithah Al-Alam Al-Islami, Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa.

Pertemuan itu dilakukan secara virtual zoom pada Sabtu (17/7).

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama 20 menit ini, Din Syamsuddin menyampaikan ucapan selamat kepada Syaikh Al-Isa atas penganugerahan Doktor Honoris Causa dari PBB melalui University for Peace pada 5 Juli 2021 di Jenewa.

Dalam pertemuan virtual ini, kedua tokoh Islam dunia ini membahas tentang peran umat Islam dalam perwujudan perdamaian; dialog antar agama dan peradaban, serta pengarusutamaan jalan tengah Islam ke dunia.

Kepada Din Syamsuddin, Syaikh Al-Isa menyampaikan pujian dan apresiasi untuk umat Islam di Indonesia yang dianggap sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin.

Selain itu, Syaikh Al-Isa juga menyampaikan bahwa kerjasama dengan Indonesia melalui organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam sangat penting dan harus diperkuat.

Apalagi menurut Syaikh Al-Isa, Indonesia merupakan negara terbesar berpenduduk yang beragama Islam dan telah sukses menjalani kehidupan yang damai dalam keberagaman.

Syaikh Al-Isa saat ini tengah gencar mengkampanyekan gerakan Islam Moderat atau wasathiyah Islam yang akan diwujudkan dengan pembangunan museum internasional sejarah Nabi Muhammad SAW dan peradaban Islam di Jakarta.

Museum itu akan memberikan gambaran Islam secara kaffah atau yang sesungguhnya dan nilai-nilai yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Dalam pertemuan virtual ini juga, Din Syamsuddin yang juga merupakan President of Asian Conference on Relegion for Peace (ACRP) mengundang Syaikh Al-Isa untuk menyampaikan sambutan pada pembukaan General Assembly ACRP di Tokyo pada Oktober nanti.

Turut hadir Pimpinan Pondok Modern Tazakka, KH Anizar Masyhadi dalam pertemuan virtual ini.

ARTIKEL LAINNYA