Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Evaluasi Kebijakan Pembatasan Gerbang Negara, Pimpinan Komisi IX Usul Pemberlakuan Isolasi WNA 14-21 Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 21 Juli 2021, 19:40 WIB
Evaluasi Kebijakan Pembatasan Gerbang Negara, Pimpinan Komisi IX Usul Pemberlakuan Isolasi WNA 14-21 Hari
Wakil Ketua Komisi IX, Emmanuel Melkiades Laka Lena/Net
rmol news logo Tiga pekan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dievaluasi Komisi IX DPR.

Wakil Ketua Komisi IX, Emmanuel Melkiades Laka Lena, mengevaluasi dari segi hulu penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

Menurutnya, satu hal penting yang seharusnya diperketat pemerintah yaitu memperkuat aturan pembatasan warga negara asing (WNA) di pintu gerbang perbatasan negara.

"Untuk di pintu-pintu masuk kita itu bagaimana orang-orang yang masuk dari pintu negeri ini, baik itu darat, laut maupun udara," ucap Melki dalam series Obrolan Bareng Bang Ruslan bertajuk 'PPKM Darurat Diperpanjang Keputusan Tepat?' yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/7).

Menurut politisi Partai Golkar ini, pemerintah perlu membuat pengetatan pintu-pintu masuk di perlintasan udara, laut maupun darat. Jika ingin dilonggarkan, Meliki meminta pemerintah memastikan orang-orang yang masuk ke Indonesia betul-betul dalam keadaan sehat.

Sebabnya, pada awal PPKM Darurat Jawa-Bali diberlakukan, Melki melihat ada pelaksanaan penjagaan pintu masuk Bandara yang kurang ketat, sehingga varian Delta dari India bisa masuk ke Indonesia.

Di samping itu, implementasi isolasi mandiri bagi warga negara asing (WNA) India yang kala itu masuk Indonesia hanya selama lima hari, sementara standar yang diberlakukan di internasional mencapai 7-14 hari.

"Itu lima hari orang masuk ke negeri ini, terisolasi lima hari dicek, kalau dia dianggap negatif langsung dia bisa keluar dan interaktsi seperti seperti biasa," ucapnya.

Maka dari itu, di saat sekarang ini sudah tepat jika pemerintah memberlakukan pengetatan pintu masuk Indonesia, agar kasus positif tidak meledak kembali.

Sebab Melki berharap, pemerintah bisa menekan laju penyebaran varian Delta yang telah menginfeksi banyak masyarakat Indonesia.

Bahkan katanya, Indonsia juga masih harus menghadapi varian Alfa dari Inggris, dan varian-varian baru lainnya yang ebrasal dari negara lain yang juga berbahaya.

"Jadi pintu masuk itu kita jaga sedemikian ketat termasuk di negeri ini. Usul saya, minimal 14 hari sampai 21 hari paling tidak (isolasi WNA), jadi orang-orang yang keluar dari isolasi itu betul betul dan dipastikan dia sehat dan tidak membawa virus," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA