Farah.ID
Farah.ID

Ini 11 Jurus Lawan Covid-19 Usulan Politikus Demokrat Kebon Sirih

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 22 Juli 2021, 16:58 WIB
Ini 11 Jurus Lawan Covid-19 Usulan Politikus Demokrat Kebon Sirih
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono/Ist
Untuk berperang melawan serangan Covid-19, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Mujiyono, mengusulkan rencana aksi perang semesta kepada Pemprov DKI Jakarta.

Setidaknya ada 11 poin yang disampaikan politikus Demokrat itu untuk melawan virus yang telah menyerang tanah air lebih dari setahun terakhir ini.

Jurus pertama, Mujiyono meminta agar peran Puskesmas diperkuat dalam melakukan 3T, penanganan warga isoman dan vaksinasi.

"Pemerintah dapat melibatkan masyarakat untuk menyediakan lokasi isolasi mandiri yang dekat dengan lingkungan tempat tinggalnya," kata Mujiyono, Kamis (22/7), dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Kepada warga yang menjalani isolasi juga harus diperhatikan dan dipenuhi kebutuhannya. Lalu mengkarantina lokal wilayah zona merah dan hitam.

Anggota DPRD DKI 3 periode itu juga meminta agar program vaksinasi terus digenjot serta memberdayakan peran RT/RW.

"Protokol kesehatan baru harus disosialisasikan secara masif kepada masyarakat," sambungnya.

Kemudian penegakan protokol kesehatan di tingkat lingkungan dilakukan secara persuasif dengan membagikan masker medis dan masker kain kepada warga yang membutuhkan.

Yang tak kalah penting, lanjut Mujiyono, adalah penguatan sistem informasi seputar Covid-19 untuk warga dan mengkoordinasikan Gerakan Warga Bantu Warga dengan tujuan saling membantu dalam hal membiayai kebutuhan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Memperkuat rumah sakit dan tenaga kesehatan yang sudah kelelahan dengan membayar tagihan rumah sakit, membayarkan tunjangan tenaga kesehatan, memperkuat fasilitas medis, obat-obatan, termasuk memastikan kecukupan oksigen, dan memperkuat armada ambulans untuk jemput bola," papar Mujiyono.

Jika semua langkah-langkah tersebut dilaksanakan dengan baik, Pemprov DKI Jakarta dapat secara bertahap melonggarkan berbagai pembatasan aktivitas dengan pengawasan ketat terhadap penerapan protokol kesehatan.

Melalui aksi bersama perang semesta melawan Covid-19 ini, diharapkan angka penularan menurun, beban rumah sakit berkurang, dan aktivitas ekonomi masyarakat dapat kembali bergerak.

"Dengan demikian, Provinsi DKI Jakarta dapat segera mengakhiri pandemi Covid-19 seperti yang di alami beberapa kota di dunia," tutup Mujiyono.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA