Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Bhakti Adhyaksa, Seluruh Jaksa Disarankan Teladani Sosok Soeprapto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 22 Juli 2021, 21:04 WIB
Hari Bhakti Adhyaksa, Seluruh Jaksa Disarankan Teladani Sosok Soeprapto
Jaksa Agung keempat RI R. Soeprapto/Net
rmol news logo Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 perlu dimaknai sebagai momentum seluruh Jaksa untuk belajar dan meneladani sosol Jaksa Agung keempat RI R. Soeprapto.

Demikian disampaikan pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Jaga Adhyaksa David Sitorus saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (22/7).

Kata David, hari Bhakti Adhyaksa harus jadi momentum mengingat kembali “Sumpah Adhyaksa” yang pernah diucapkannya untuk negara.

Di mata David, sosok Soeprapto menjadi teladan dalam hal penegakan hukum. Ia berani menindak atasannya yang pada waktu itu dinilai melanggar hukum.

“Belajarlah dari R. Soeprapto agar berani menindak walaupun itu atasan maupun rekan kerja. Keberanian Soeprapto itu juga karena sosoknya yang berintegritas,” tutur David, Kamis (22/7).

Pada hari Bhakti Adhyaksa ini, kata David, para Jaksa yang telah mengucakan “Sumpah Adhyaksa” bisa menjadi momentum menghidupkan nurani menjadi Jaksa yang berani, jujur dan berintegritas.

Harapannya, para Jaksa muda juga komitmen menjaga integritasnya hingga kelak bisa menjadi pemimpin yang jujur, berani dan berintegritas.

Pengingat itu menjadi penting, kata David, karena dalam berbagai peristiwa yang terjadi masih selalu terjadi tindakan penyelewengan hukum yang justru dilakukan oleh oknum-oknum Kejaksaan.

Bahkan dalam beberapa peristiwa dan persidangan ada yang menyebutkan keterlibatan oknum pimpinan Kejaksaan.

“Kalau melihat beberapa peristiwa belakangan yang terjadi, masih ada oknum-oknum yang terlibat kasus hukum yang sangat mencoreng nama baik Kejaksaan,” ujar David.

Oleh karena itu, David berharap, Kejaksaan baik secara institusi maupun individu-individu jaksa harus berbenah diri.

Selain itu Kejaksaan Agung juga harus memperbaiki sistem dan berani menjadi garda terdepan yang dapat menindak rekan kerja yang melakukan penyelewengan hukum.

Kata Mantan Sekjen GMKI ini, kejaksaan harus melahirkan orang-orang seperti Soeprapto, Jaksa yang berani menindak siapapun tanpa pandang bulu termasuk oknum Jaksa yang melanggar hukum

David meyakini masih banyak Jaksa yang jujur dan berintegritas di Kejaksaan saat ini.

“Jaga Adhyaksa akan bersama-sama dengan Jaksa yang jujur, berintegritas dan berani,” pungkas David.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA