Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wapres Minta Upaya Testing Covid-19 Lebih Banyak Menggunakan PCR Bukan Antigen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 22 Juli 2021, 21:57 WIB
Wapres Minta Upaya Testing Covid-19 Lebih Banyak Menggunakan PCR Bukan Antigen
Wakil Presiden Maruf Amin/Net
rmol news logo Upaya pemeriksaan atau testing Covid-19 di masyarakat, diminta Wakil Presiden Maruf Amin,  lebih banyak menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) ketimbang Antigen.

Pasalnya ia melihat, testing yang dilaksanakan sekarang ini masih kebanyakan menggunkan metode Antigen, padahal hal itu berpengaruh pada tingkat positivity rate.

"Memang (tes) Antigen ini jangan terlalu banyak. Sebab tingkat positivity rate-na menjadi sangat rendah," ujar Maruf dalam keterangan tertulis yang diposting laman wapresri.go.id, Kamis (22/7).

Sebagai contoh, Maruf menyebutkan tingkat positivity rate di Jawa Timur yang masih cukup tinggi, yaitu mencapai 39,24 persen. Angka tersebut menurutnya jauh dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sebesar 5 persen.

Karena itu, mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini meminta koordinasi pemerintah daerah diperkuat, mengingat ada masalah lainya yang juga harus terus disampaikan kepada pemerintah pusat.

Salah satunya adalah mengenai tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR), yang mesti harus disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

"Langsung kalau ada masalah bisa berkoordinasi dengan Pak Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin), Satgas, Menteri Dalam Negeri," demikian Maruf Amin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA