Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rizal Ramli Ceritakan Pertemuan Tim 7 Pimpinan SBY Yang Diutus Gus Dur Menghadap Megawati

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 23 Juli 2021, 08:28 WIB
Rizal Ramli Ceritakan Pertemuan Tim 7 Pimpinan SBY Yang Diutus Gus Dur Menghadap Megawati
Tokoh senior DR Rizal Ramli dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Presiden Abdurrahman Wahid pernah menugaskan sebuah tim yang terdiri dari tujuh menteri untuk bertemu dengan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri.

Ini terjadi di saat suhu politik semakin memanas di pertengahan 2001, sementara hubungan Gus Dur dan Mega yang sebelumnya dikenal sangat akrab jatuh ke titik terendah.

Tim 7 itu dipimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu menduduki posisi Menko Polhukam. Anggota lainnya adalah Menko Perekonomian yang kemudian menjadi Menteri Keuangan DR. Rizal Ramli.

Pertemuan dengan Megawati itu bertujuan untuk mencari jalan tengah terbaik demi memperbaiki hubungan Gus Dur dan Mega dan menghentikan krisis politik.

Begitu dikatakan Rizal Ramli dalam talk show bertajuk “20 Tahun Pemakzulan Gus Dur, Siapa Sang Dalang” yang disiarkan langsung di akun YouTube Refly Harun, Kamis malam (22/7).

Sebelum bertemu Mega, Tim 7 menggelar rapat selama sekitar seminggu untuk mencari format kompromi terbaik antara Gus dan Mega. Adapun pertemuan dengan Megawati digelar di kediaman Mega di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Singkat cerita, dalam pertemuan dengan Mega, SBY menjelaskan dengan detail dalam tiga lembar kertas catatan.

“SBY menjelaskan dengan rapih dan teratur,  dalam paper sekitar tiga halaman. Mbak Mega antara ngerti dan nggak ngerti maksudnya apa,” tuturnya.

Untuk memastikan Megawati paham dengan maksud kedatangan Tim 7, RR pun menjelaskan kembali paparan SBY.

“Saya jelaskan, Mbak yang kita maksudkan sederhana. Daripada Presiden dan Wakil Presiden konflik, mau langsung dan tidak langsung, kenapa tidak kekuasaan Gus Dur kita kurangi, kekuasaan Mbak Mega ditambahin," kata Rizal Ramli.

“Mbak Mega ditambahin berapa menterinya, Gus Dur dikurangi dan sebagainya. Nah Mbak Mega langsung mengerti," sambung Rizal Ramli.

“Rizal, kalau begitu saya setuju,” ujar Megawati seperti ditirukan Rizal Ramli.

Hanya saja, RR tidak melanjutkan akhir ceritanya. Kata Rizal Ramli, setelah pertemuan dengan Mega, Tim 7 kembali ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Gus Dur.

“Tapi bagaimana ceritanya saya stop di situ," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA