Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Cegah Lost Generation, Ketua DPR Minta Anggaran Covid Juga Dialokasikan Untuk Perlindungan Anak

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 23 Juli 2021, 15:35 WIB
Cegah Lost Generation, Ketua DPR Minta Anggaran Covid Juga Dialokasikan Untuk Perlindungan Anak
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Ist
Pemerintah harus mengalokasikan sebagian anggaran belanja penanganan pandemi Covid-19 untuk perlindungan anak-anak Indonesia yang terdampak pandemo.

Hal ini disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengingat kelompok anak-anak menjadi kategori usia yang paling rentan terpapar di masa pandemi yang belum juga berlalu.

“Anak-anak adalah salah satu kelompok yang paling rentan dalam pandemi ini. Mulai dari mereka yang terinfeksi langsung, ditinggal wafat orangtua, sampai mereka yang belajarnya terganggu karena pandemi,” kata Puan, dalam peringatan Hari Anak Nasional, Jumat (23/7).

Untuk itu, Puan mendorong pemerintah memberi perhatian khusus terhadap anak-anak lewat serapan anggaran yang dipergunakan untuk melindungi anak-anak Indonesia dari dampak Covid-19.

“Perlindungan itu bisa dalam bentuk bantuan alat belajar online, santunan atau beasiswa bagi anak-anak yang ditinggal wafat orangtua mereka. Terlebih jika orangtua mereka adalah salah satu tenaga kesehatan yang gugur karena berjuang di garda terdepan menghadapi pandemi ini,” jelasnya.

Secara khusus, Ketua DPP PDI Perjuangan ini, memberi perhatian kepada Vino, anak berusia 10 tahun di Kampung Linggang Purworejo, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Vino kehilangan kedua orangtuanya karena Covid-19. Bocah yang sekarang duduk di kelas 3 SD, kini sedang menjalani isolasi mandiri tanpa kehadiran orangtuanya.

“Dalam kondisi seperti ini, negara harus hadir menjamin segala kebutuhan Vino dan anak-anak Indonesia lain yang mengalami nasib serupa,” ucapnya.

Mantan Menko PMK ini melanjutkan, anggaran negara untuk penanganan Covid-19 memang penting untuk digunakan penanggulangan masalah kesehatan dan ekonomi.

Namun, untuk perlindungan anak juga hal yang tidak kalah penting.

“Jangan sampai ada lost generation karena pendidikan anak-anak Indonesia hari ini terganggu akibat pandemi,” demikian Puan Maharani.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA