Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ingin Varian Delta Tertangani Dan Ekonomi Bangkit, Luhut Mohon Masyarakat Taati Prokes

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 25 Juli 2021, 22:51 WIB
Ingin Varian Delta Tertangani Dan Ekonomi Bangkit, Luhut Mohon Masyarakat Taati Prokes
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan memohon kepada masyarakat agar taat menjaga protokol kesehatan (Prokes) secara ketat di tengah melonjaknya kasus pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia.

"Ini adalah tanggung jawab kita semua, penanganan varian delta bisa ditangani dan ekonomi bangkit itu berpulang pada kita semua,” ucap Luhut, Minggu malam (25/7).

Koordinator PPKM Darurat ini menambahkan bahwa ada 95 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Darurat level IV di Pulau Jawa dan Bali.

Adapun PPKM Darurat Level 3 ini akan diterapkan pada 33 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa dan Bali.

Ketentuannya, kata Luhut, untuk industri orientasi ekspor dan penunjangnya dapat beroperasi dengan pengaturan shift, di mana setiap shiftnya dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen di fasilitas produksi dan pabrik.

Luhut menjelaskan, dengan penerapan dua shift operasional produksi pabrik akan dapat berjalan maksimal.

"Tentunya penerapan ketentuan ini harus dengan menerapkan protokol kesehatan, pengaturan masuk dan pulang, serta makan karyawan tidak bersamaan,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya akan mengumpulkan seluruh kepala daerah di Pulau Jawa dan Bali dengan Menteri Perindustrian.

"Besok kami akan melakukan rapat teknis dengan Menteri Perindustrian dengan mengambil contoh bagaimana peranan Kudus yang sekarang ini sudah sangat bagus dibandingkan 1,5 bulan lalu,” tandasnya.

Saat menyampaikan perpanjangan PPKM level 4 Minggu malam  (25/7), Presiden Jokowi meminta masyarakat agar selalu waspada dengan adanya varian baru yang disebut delta.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa varian delta penularannya lebih cepat.

"Saya memerintahkan agar testing tracing bisa ditingkatkan lebih tinggi, dan respon treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan," ujar Jokowi saat siaran pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu malam (25/7).

ARTIKEL LAINNYA