Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Khawatir Kepercayaan Rakyat Turun Jika “Makan 20 Menit” Dibiarkan Jadi Lelucon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 27 Juli 2021, 15:14 WIB
Puan Khawatir Kepercayaan Rakyat Turun Jika “Makan 20 Menit” Dibiarkan Jadi Lelucon
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Pemerintah harus bisa menjelaskan dengan rinci aturan-aturan baru yang menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya adalah aturan makan di warung maksimal 20 menit dalam penyesuaian PPKM Level 4.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani, penjelasan penting agar aturan yang dibuat bisa dipahami dengan baik oleh rakyat.

“Pemerintah harus bisa menjelaskan mengapa aturan batasan waktu makan tersebut bisa dianggap efektif untuk mencegah penularan. Kemudian soal teknis pengawasannya bagaimana? Apakah hanya perlu kesadaran masyarakat atau bagaimana? Ini harus dijelaskan rinci,” tegas Puan kepada wartawan, Selasa (27/7).

Menurutnya, pemerintah harus memberikan kejelasan secara detil, agar aturan tersebut tidak menjadi bahan lawakan masyarakat.

“Kalau ini dibiarkan tanpa penjelasan dan akhirnya hanya menjadi lelucon di tengah masyarakat, saya khawatir ini justru akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” ujar alumnus Universitas Indonesia ini.

Selain itu, kata Puan, membangun kepercayaan juga bisa dilakukan pemerintah lewat pelibatan masyarakat, misalnya lewat program-program pemberdayaan masyarakat. Misalnya, dapur umum dan bantuan untuk masyarakat yang sedang isolasi mandiri.

“Pelibatan masyarakat akan mengubah paradigma bahwa pandemi ini bukan hanya masalah pemerintah, tetapi masalah kita bersama, sehingga kita semua jugalah yang harus bergotong-royong untuk sama-sama keluar dari masa-masa sulit ini,” kata Puan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA