Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pimpinan Komisi IX: PPKM Berikan Catatan Positif Pada Penanganan Pandemi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 27 Juli 2021, 22:21 WIB
Pimpinan Komisi IX: PPKM Berikan Catatan Positif Pada Penanganan Pandemi
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI fraksi Partai Golkar, Melkiades Laka Lena/Net
Indonesia semakin optimis dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan catatan penurunan kasus konfirmasi positif belakangan ini.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena mengatakan, optimisme itu terjadi dalam catatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Pertama kalau kita melihat bahwa angka-angka positif dari pertengahan Juli sampai saat ini angka yang terkonfirmasi positif sudah relatif lebih menurun," ujar Melki kepada wartawan, Selasa, (27/7).

Indikator lainnya, kata Melki, adalah turunnya tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau BOR di beberapa wilayah yang menerapkan PPKM level 4.

"Di Jakarta dan di berbagai daerah di Jawa-Bali dan di level 4 yang lain yang sudah ada penerapan PPKM angka BOR juga semakin menurun dan ini merupakan satu hal positif juga yang bisa kita syukuri," tuturnya.

Lanjut legislator Partai Golkar ini, PPKM yang membatasi aktifitas masyarakat saat tingkat penularan virus (positivity rate) tinggi, juga mampu meningkatkan angka kesembuhan dari orang-orang yang sebelumnya terpapar.

Melki berharap, tren positif ini dapat didukung terus oleh masyarakat sebagai hulu dari penanganan pandemi untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Begitu juga kepada pemerintah untuk gencar melakukan tracing, testing dan treatment (3T).

"Tentu tren yang sudah baik ini perlu kita jaga bersama tetap jaga protokol kesehatan di level hulu, melaksanakan 3T dan juga isolasi," pungkasnya.

Pada hari ini, jumlah pasien Covid-19 yang berhasil sembuh bertambah hingga 47.128 orang. Angka ini lebih tinggi dari tambahan kasus positif yang tercatat sebanyak 45.203 orang.

Namun akibat tambahan itu, kini kasus sembuh Covid-19 di Indonesia sudah sebanyak 2.596.820 orang atau menapai 80,2 persen dari total kasus positif yang sebanyak 3.239.281 orang.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA