Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pimpinan Komisi I DPR Sambut Baik Latihan Bersama TNI dan Tentara AS di Pelembang

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 28 Juli 2021, 10:26 WIB
Pimpinan Komisi I DPR Sambut Baik Latihan Bersama TNI dan Tentara AS di Pelembang
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari/Net
Rencana Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Tentara Amerika Serikat menggelar latihan Bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 pada 2021  di Palembang, Sumatera Selatan, pada bulan Agustus nanti merupakan hal yang penting dilakukan.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyambut baik latihan bersama itu. Menurutnya latihan kali ini bermakna penting karena digelar di tengah situasi pandemi dan beberapa negara khawatir dengan sebaran Covid-19 di Indonesia.

"Ini menunjukkan bahwa sepanjang protokol kesehatan dijalankan, mereka di tes semuanya kemudian latihan bersama, aman dan mungkin saja dilakukan," ujar Abdul Kharis kepada wartawan, Rabu (28/7).

Selain itu, kata legislator PKS ini, situasi pandemi memang tidak seharusnya menghentikan aktivitas sepenuhnya. Slaah satunya, bertukar pengetahuan dan teknologi pertahanan.

"Artinya pandemi ini tidak kemudian terus berhenti semuanya, tentara bisa tetap melakukan latihan, bertukar ilmu dan tekonologi," pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya, latihan ini akan melibatkan 2.246 personel TNI AD dan 2.282 personel AD Amerika Serikat. Materi yang dilatihkan antara lain Staff Exercise, Field Training Exercise, Live Fire Exercise, Medical Exercise, dan Aviation.

ARTIKEL LAINNYA