Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Emil Salim: Penyuluh Pertanian Punya Peran Sentral Tingkatkan Produktivitas Petani

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 29 Juli 2021, 13:36 WIB
Emil Salim: Penyuluh Pertanian Punya Peran Sentral Tingkatkan Produktivitas Petani
Ekonom senior Emil Salim/Net
Penyuluh pertanian lapangan memiliki posisi sentral dalam pengembangan produksi hasil tani di masa sulit akibat pandemi virus corona baru (Covid-19).

Pesan tersebut disampaikan Ekonom senior Emil Salim dalam webinar bertema "Potensi Sektor Pertanian Dalam Mencegah Krisis Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19", Kamis (29/7).

Walaupun, kata Emil, pada kenyataannya, peranan pneyuluh pertanian ini tidak bisa disebut baik pada saat ini.

"Penyuluh lapangan memegang peranan sentral di sini, peranan ini tidak tampak di lapangan, para petani tidak terbantu oleh penyuluh ini," kata Emil.

Kata Emil, salah satu kendala yang dihadapi petani adalah keterlambatan dalam pengiriman pupuk yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Menurutnya, saat pupuk kimia terganggu distribusinya, maka penyuluh pertanian harus memberikan edukasi dan pengembangan teknologi dalam memprodukai pupuk berbahan dasar dari alam.

"Mungkin jika masalah pupuk sering datangnya terlambat bisakah pupuk kandang, pupuk lokal, pupuk yang ada dari alami lebih diutamakan daripada pupuk kimia," terangnya.

"Demikian pula obat-obatan, pestisida, sehingga kita lebih mengandalkan produk-produk alami," pungkas Emil.

Pembicara lain yang dihadirkan adalah Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi dan Ekonom senior Dr. Rizal Ramli.

ARTIKEL LAINNYA