Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Singgung Dampak Iklim Global, Luhut Tekankan Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 29 Juli 2021, 15:54 WIB
Singgung Dampak Iklim Global, Luhut Tekankan Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat hadiri acara Rakorbangnas BMKG/Repro
Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudera menjadi salah satu negara kategori rawan bencana.

Kerawanan itu makin kompleks imbas kondisi iklim global saat ini.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, pemerintah sangat menaruh perhatian kepada masyarakat dan wilayah yang terkena dampak perubahan iklim globa.

Pemerintah juga menekankan pentingnya edukasi mitigasi bencana.

Luut menyampaikan, masyarakat masih beleum sepenuhnya paham akan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Imbasnya dampak yang terjadi saat terjadi gempabumi dan tsunami masih tinggi.

"Literasi kepada masyarakat perlu kita tingkatkan kedepannya," kata Menko Luhut dalam sambutannya pada acara Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) BMKG bertajuk "Info BMKG Kawal Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” secara virtual, Kamis (29/7).

Lebih lanjut Luhut menekankan pemerintah perlu melakukan novasi teknologi dan peningkatan kapasitas SDM khususnya untuk BMKG.

Tujuannya, kata Luhut, agar BMKG memonitor, menganalisis, memprediksi serta memberikan Informasi dan Peringatan Dini terhadap Potensi Multi Bencana Geo hidrometeorologi secara cepat, tepat dan akurat.

Bahkan Luhut menegaskan  bahwa tugas mencegah dan mengurangi dampak perubahan iklim bukan hanya menjadi tanggung jawab BMKG.

"Saya mengapresiasi BMKG atas dedikasi dan komitmennya dalam usaha untuk mencegah dan melakukan mitigasi terhadap kondisi iklim di Indonesia untuk keselamatan seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Menurutnya, edukasi, literasi dan advokasi kepada masyarakat perlu dilakukan secara terus-menerus baik oleh pemerintah pusat dan daerah.

Selain itu pihak lain yang perlu terlibat diantaranya: swasta, media dan lainnya.

Bagaimana tentang fenomena cuaca, iklim, gempa dan tsunami, serta dampak potensi bencana yang dapat terjadi, dan langkah mitigasi yang cepat dan tepat terus menerus dibumikan ke masyarakat.

ARTIKEL LAINNYA