Farah.ID
Farah.ID

IA-ITB dan ILUNI UI Berkolaborasi Giatkan Program Vaksinasi

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 29 Juli 2021, 23:39 WIB
IA-ITB dan ILUNI UI Berkolaborasi Giatkan Program Vaksinasi
Rapat koordinasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI)/Repro
Komitmen mewujudkan herd immunity seperti yang dicita-citakan pemerintah terus ditunjukkan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) melalui kegiatan vaksinasi massal.

Dalam waktu dekat ini, IA-ITB akan melakukan kolaborasi bareng Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) dengan menyelenggarakan program vaksinasi bersama di daerah Jabodetabek.

Hal tersebut diwujudkan dalam rapat koordinasi yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum IA-ITB, Gembong Primadjaja dan Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian yang digelar secara daring, Kamis (29/7).

IA-ITB sendiri kini telah mengembangkan aplikasi bernama CINTA atau Covid Intelligent Apps yang memanfaatkan teknologi WhatsApp. Aplikasi ini membantu memastikan jumlah peserta vaksin sesuai dengan ketersediaan vaksin di lokasi, dan memudahkan proses registrasi vaksinasi melalui pesan WhatsApp.

Dengan aplikasi ini, masyarakat juga dapat memperoleh informasi mengenai ketersediaan obat, tabung oksigen, dan dokter di area jabodetabek.

Tak hanya IA-ITB, hal serupa juga dilakukan ILUNI UI yang telah menjalankan program SINERGI SEHAT untuk menyediakan vaksinasi di Jabodetabek, dengan target hingga 50 ribu peserta.

"Program ini bekerjasama dengan beberapa pihak, yaitu Asosiasi RS Vertikal Indonesia (ARVI), Bakti Kominfo, Media Group The Media Hotel, dan Danone," jelas Andre Rahadian dalam rakor tersebut.

Dikatakan Andre, ARVI memiliki 10 anggota terdiri dari RSCM, RS Fatmawati, RSPI Sulianti Santoso, RS Poin, RS Suharto Herjan, RSKO Jakarta, RS Persahabatan, RSJ Harapan Kita, RSAB Harapan Kita dan RSK Dharmais.

Dengan kerja sama ini, diharapkan Aplikasi Cinta bisa dihubungkan dengan Aplikasi Siap Dok yang dijalankan oleh Bakti Kominfo agar bermanfaat lebih baik dalam mempercepat program vaksinasi.

Rencananya program vaksinasi IA-ITB dan ILUNI UI akan diselenggarakan sekitar bulan September 2021 di area Jabodetabek.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA