Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dorong Jokowi Geser APBN, Rachland Nashidik: Jadilah Pahlawan yang Ditunggu Rakyat

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 30 Juli 2021, 02:19 WIB
Dorong Jokowi Geser APBN, Rachland Nashidik: Jadilah Pahlawan yang Ditunggu Rakyat
Politisi Partai Demokrat, Rachland Nashidik/Ist
Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) diharapkan mulai difokuskan pemerintah untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Pak Presiden, mohon, tetapkanlah APBN dengan dua prioritas darurat. Mengatasi pandemi dan memberi rakyat makan," kata politisi Partai Demokrat, Rachland Nashidik dikutip dari akun Twitternya, Kamis (29/7).

Untuk prioritas pandemi, anggaran APBN bisa digunakan membiayai tes Covid-19 seperti PCR agar tidak lagi dibebankan kepada rakyat. Kemudian untuk menyediakan vaksin terbaik dan menyelesaikan vaksinasi.

"Lalu membangun fasilitas kesehatan darurat, menyediakan tabung oksigen gratis, perlindungan nakes, dan lain-lain," jelas Rachland.

Prioritas APBN untuk menjamin kebutuhan hidup masyarakat juga harus dilakukan pemerintah. Syaratnya, kata Rachland, pemerintah perlu menetapkan status karantina wilayah atau lockdown.

"Karantina wilayah dalam pandemi besar ini sangat krusial. Karena itu, agar tujuan karantina berhasil, negara wajib memenuhi kebutuhan pokok rakyatnya agar rakyat tak lapar dan terpaksa ke luar rumah," tegasnya.

Menurut Rachland, kebijakan tersebut tidak akan sulit dilakukan pemerintah karena sudah memiliki landasan UU Corona.

"Dengan Perppu Covid yang sudah Anda (Jokowi) undangkan, hak budgeting kini sudah seluruhnya ditarik ke tangan Anda. Maka, tetapkanlah APBN darurat itu segera. Jadilah pahlawan kesehatan publik yang ditunggu rakyat," tutup Rachland.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA