Farah.ID
Farah.ID

Puan Maharani Akhirnya Bicara, Fasilitas Hotel Berbintang bagi DPR Isoman Tidak Perlu

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 30 Juli 2021, 14:29 WIB
Puan Maharani Akhirnya Bicara, Fasilitas Hotel Berbintang bagi DPR Isoman Tidak Perlu
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Net
Ketua DPR RI Puan Maharani akhirnya angkat bicara terkait fasilitas hotel bintang tiga bagi anggota dewan yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Sejak Selasa (27/7) kebijakan yang juga diberlakukan bagi tenaga ahli dan staf DPR ini menuai kritik keras dari masyarakat.

Sebabnya, para wakil rakyat dinilai tidak memiliki sense of crisis, karena saat ini Indonesia menghadapi pandemi virus corona baru (Covid-19).

Ketua DPR RI Puan Maharani pun meminta Sekretariat Jenderal DPR RI mengevaluasi kembali rencana penyediaan fasilitas isolasi terpusat pasien Covid-19 yang berasal dari lingkungan DPR.

Menurutnya, fasilitas tersebut belum diperlukan.

“Melihat kondisi saat ini, penyediaan fasilitas isolasi terpusat khusus karyawan, perangkat, maupun anggota DPR  belum perlu dilakukan,” kata Puan di Jakarta, Jumat (30/7).

Puan meminta Setjen DPR segera berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 terkait fasilitas kesehatan dan fasilitas umum lainnya yang menyediakan isolasi terpusat.

Hal ini, kata Puan, untuk mengantisipasi kebutuhan layanan kesehatan dari pasien Covid-19 yang sehari-hari bekerja untuk lembaga legislatif tersebut.

“Jadi kalau ada pasien Covid-19 dari karyawan, perangkat maupun anggota DPR yang mengalami perburukan kondisi, bisa segera teratasi,” kata Puan.

Fasilitas mewah tersebut didapati para anggota dewan dari anggaran negara untuk parlemen yang dianggap tidak terpakai, dan dituangkan ke dalam surat Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI nomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021.

Adapun fasilitas yang didapatkan anggota DPR saat menjalani isolasi mandiri:

1. Makan tiga kali sehari (pagi, siang, dan malam)
2. Laundry tiga potong baju per hari
3. Free Wi-Fi dan parkir
4. Konsultasi dokter melalui telepon setiap hari (Dr Fahri dari Laboratorium Amelia Clinic dan Prolepsis)
5. Kunjungan dokter atau perawat 2-3 kali, dapat vitamin
6. Satu kali tes PCR (di hari ke-7).

ARTIKEL LAINNYA